Minggu, 24 Januari 2016

Pengertian Artikel Serta Definisi Artikel Menurut Para Ahli

Biasanya artikel bisa ditemukan melalui majalah, koran atau buletin tetapi pada eranya Media Sosial sekarang ini hampir setiap saat kita selalu disuguhi berbagai artikel-artikel dari media sosial tersebut bahkan tanpa kita sadari karena artikel tersebut bisanya dibagikan oleh teman-teman kita di medsos, jika artikel itu menarik tak jarang kita ikut membacanya begitu pula jikat tidak menarik menurut kita akan dilewatkan begitu saja. lalu apa sih artikel it?. Secara Umum definisi maupun pengertian artikel merupakan sebuah karangan (tulisan) yang faktual dengan panjang tulisan tertentu dan bertujuan untuk menyampaikan gagasannya atau suatu fakta yang bisa mendidik, meyakinkan dan menghibur.

Definisi atau Pengertian Artikel Menurut Para Ahli 
  • Andi Baso Mappatoto (1994). Artikel adalah karya tulis lengkap, tulisan nonfiksi, dan karangan tertulis yang panjangnya tak tentu.
  • Al-‘Aqli. Artikel merupakan sebuah tulisan yang ditulis oleh masing-masing disiplin ilmu & setiap pembahasan dikaji dan diselesaikan dengan cara tuntas, lugas dan jelas sehingga para pembaca dapat mengambil inti sari dari sebuah karangan yang ditulis.
  • Dari wikipedia. Pengertian Artikel adalah karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau buku kumpulan artikel yang ditulis dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati atau ditetapkan. Artikel ilmiah dapat diangkat dari hasil penelitian lapangan, hasil pemikiran dan kajian pustaka, atau hasil pengembangan projek.
  • Essential English Dictionary. Artikel adalah tulisan lengkap dalam surat kabar, majalah, dan sebagainya.
  • Ensiklopedia Pers Indonesia (1991:14). Artikel adalah karangan prosa dalam media massa yang membahas pokok masalah secara lugas
  • KBBI (2006). Artikel ialah sebuah karya tulis secara lengkap, contohnya esai di majalah atau laporan berita, surat kabar, dls.
  • Sumandiria (2004). Artikel merupakan sebuah tulisan lepas yang berisikan opini atau pendapat seseorang yang mengupas tuntas tentang sebuah masalah yang sifatnya aktual & biasanya kontroversial dengan tujuan untuk mempengaruhi, memberitahu, meyakinkan & menghibur para pembaca.
  • The America Heritage Desk Dictionary (1981). Artikel merupakan bagian tulisan nonfiksi dalam bentuk bebas, dimana bagian dari penerbitannya seperti pada laporan essai.
  • Longman Pitman Office Dictionary (1989:41). Artikel adalah sebuah tulisan prosa nonfiksi, berbentuk biasa, dan bagian bebas dari sebuah majalah, koran, dan lain-lain.
  • Webster's Collegiate Thesaurus. Artikel adalah karangan, catatan, kritik, manifes, reportase, putusan, pelajaran, survey.
  • Webster's New World Dictionary (1990:26). Artikel adalah tulisan nonfiksi, biasanya singkat dan lengkap seperti berita karangan khas dalam surat kabar, majalah.
  • Penguin English Student Dictionary (1991:31). Artikel adalah sebuah tulisan yang ditulis untuk dipublikasikan dalam surat kabar atau majalah.
  • Rillan E. Wolseley (1969:439). Artikel adalah karangan tertulis yang panjangnya tak tentu bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta dengan maksud meyakinkan, mendidik, atau menghibur.
 

Karakteristik Artikel dan Jenis Artikel
Sebagaimana dijelaskan di muka bahwa artikel adalah karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau buku kumpulan artikel yg ditulis dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati.
Artikel ilmiah dibedakan menjadi artikel penelitian dan artikel non penelitian. Kedua karakteristik artikel ilmiah tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.
  • Atikel Penelitian. Artikel adalah karya tulis ilmiah yg dirancang untuk dimuat dlm jurnal atau buku kumpulan artikel yg ditulis dg tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati atau ditetapkan. Berdasarkan pengetian ini ada beberapa ciri artikel ilmiah adalah: (1) anya berisi hal-hal penting saja, mencakup temuan penelitian, pembahasan hasil/temuan penelitian, dan kesimpulan; (2) sistematika penulisan terdiri atas bagian dan sub bagian, misalnya: kajian pustaka merupakan kajian awal dari artikel (tanpa judul subbag KajianPustaka.). Prosedur penulisan artikel dapat menempuh ada 3 cara, yaitu: (1). ditulis sebelum laporan teknis dengan tujuan untuk memperoleh masukan; (2) setelah laporan teknis, dan (3) artikel jurnal merupakan satu-satunya tulisan yang disusun yang biasanya untuk penelitian swadana, di mana sistem penulisan artikel tanpa menggunakan sistem angka maupun abjad. Sebagai karya tulis ilmiah, artikel ditulis dengan mengikuti sistematika sebagai berikut: Judul Nama Penulis, Sponsor, Abstrak dan kata kunci, Pendahuluan, Metode, Hasil, Pembahasan, Kesimpulan dan Saran., Daftar Rujukan/Dftar Pustaka
  • Artikel Non Penelitian. Artikel non penelitian mengacu kepada semua jenis artikel ilmiah yang bukan merupakan laporan hasil penelitian. Ketentuan penulisan artikel non-penelitian sama dengan ketentuan menulis makalah pendek (panjangnya tidak lebih dari 20 halaman), kecuali dalam makalah pendek abstrak dan kata kunci tidak harus ada. Sistematika penulisan artikel non-penelitian tidak menggunakan penomoran angka dan abjad. Artikel non penelitian berisi hal-hal yang sangat esensial saja dengan jumlah halaman antara 10-20 halaman. Unsur-unsur pokok yang harus ada dalam artikel non penelitian yaitu: (1) Judul, (2) Nama Penulis, (3) Abstrak dan Kata kunci, (4) Pendahuluan, (5) Bagian inti, (6) Penutup, (7) Daftar Rujukan.
Jenis Artikel berdasarkan dari siapa yang menulis (Tartono 2005: 85-86). Berdasarkan penulisnya, ada artikel redaksi dan artikel umum.
  • Artikel redaksi ialah tulisan yang di garap oleh redaksi dibawah tema tertentu yang menjadi isi penerbit.
  • Sedangkan artikel umum merupakan tulisan yang ditulis oleh umum.
Jenis Artikel berdasarkan dari fungsinya atau kepentingannya, ada artikel khusus dan artikel sponsor.
  • Artikel khusus adalah nama lain dari artikel redaksi.
  • Sedangka artikel sponsor ialah artikel yang membahas atau memperkenalkan sesuatu.
Makalah adalah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif. Makalah tersebut ditulis untuk disajikan dalam forum ilmiah atau tugas-tugas terstruktur.
Sementara Laporan Penelitian merupakan karyatulis ilmiah yang berisi paparan tentang proses dan hasil-hasil yang diperoleh dari suatu kegiatan penelitian.

Model Penulisan Artikel
  • Model penulisan popular. Ini adalah model yang paling mudah. Tulisan populer biasanya tulisan ringan yang tidak rumit dan bersifat hiburan. Selain itu, bahasa yang digunakan juga cenderung bebas (perhatikan, misalnya bahasa yang digunakan di majalah).
  • Model penulisan Ilmiah. Model yang paling sulit. Dari aspek bahasa, tentu saja tulisan ilmiah mensayaratkan bahasa yang baku,
  • Model penulisan yang berada di tengah-tengahnya yaitu model populer ilmiah. Model tersebut di kenal dengan penulisan ilmiah populer dan merupakan perpaduan penulisan populer dan ilmiah. Sebaliknya, artikel ilmiah populer di tujukan kepada para pembaca umum, dan kita perlu membedakan antara kosakata ilmiah dan populer. Kata-kata populer merupakan kata-kata yang akan di pakai dalam komunikasi sahari-hari, sedangkan kata-kata yang biasa di pakai oleh kaum pelajar terutama dalam penulisan ilmiah, pertemuan-peretmuan resm, diskusi-diskusi khusus disebut kata-kata ilmiah (Kepaf 2004 : 105-106).
klasifikasi artikel adalah :
  • Artkel Ilmiah : Artikel yang dibuat dirancang untuk dimuat dlm jurnal atau buku kumpulan artikel yg ditulis dg tata cara ilmiah biasanya ada dilingkungan pendidikan.
  • Artikel Populer : Bentuk-bentuk artikel lain yang kini sedang populer. Misalnya artikel-artikel kiat. Cukup banyak memburu artikel semacam ini. Banyak ragamnya, misalnya kiat kesuksesan, tips belajar yang baik, resep makanan, atau malah bisa saja kita membuat artikel cara hebat mensukseskan hubungan seksual misalnya. Ada satu lagi arikel, yang disebut sebagai resensi buku. Ini juga tergolong sebagai artikel. Hanya saja dalam resensi buku kupasan dibatasi oleh isi buku itu sendiri. Artinya, sama-sama menganalisa, tetapi seorang penulis resensi sudah dipatok untuk menganalisa sebuah buku. Menganalisa atau meresensi sebuah buku, menurut sastrawan Budi Dharma, bukan saja membuat abstraksi atau meringkas isi buku.Lebih dari itu, meresensi buku adalah merefleksikan isi buku dengan kondisi kekinian. Atau, sebisa mungkin kita berusaha mengaktualkan isi buku menjadi bagian yang penting dalam hidup kita. Contoh Resensi buku Maxhavelaar oleh Maria wartawati kompas.
  • Arikel Politik : Soal DPR, strategi militer, masa depan politik. Lahirnya sebuah gerakan,
  • Artikel sosial : Persoalan BLT, penanganan gempa, pengemis dan gelandangan.
  • Artikel ekonomi : perhitungan kebijakan kenaikan BBM, tanggapan terhjadap perhitungan RAPBN dan sebagainya.
  • Artikel budaya : di samping pentas kesenian persoalan humaniora, sejarah
Pembagian atau klasifikasi itu tidak kaku.Bahkan terkadang masing-masing kelas tidak mampu mewadahi, karena masing-masing klasifikasi bisa saling mempengaruhi. Misalnya karya artikel tentang tinjuan politik ekonomi kita atau sejarah politik, milsanya.


Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top