Jumat, 03 Juli 2015

Definisi Pengertian Brosur

Brosur merupakan terjemahan dari istilah asing yaitu Brochures, yakni salah satu The Printed Word yang merupakan sebuah media informasi eksternal berupa tulisan yang tercetak. Dalam kegiatan kehumasan brosur merupakan salah suatu media informasi eksternal, yang sangat efektif dan efisien dalam menyampaikan pesan kepada publik-publik eksternal yakni para pelanggan setia Carrefour pada khususnya.
Hal ini dapat dilihat dari definisi tentang Brosur yang di keluarkan oleh Prof. Drs.Onong.U.Effendy dalam Kamus Komunikasinya (1989 : 130),yakni :
”Brosur merupakan buku kecil yang tipis yang berisikan keterangan mengenai suatu hal atau kegiatan.”

Sebagai salah satu media informasi eksternal dalam menyampaikan sebuah pesan atau informasi, brosur ini tentunya mempunyai beberapa kelebihan dalam menjangkau banyak indera manusia pada umumnya, dan dalam hal ini para pelanggan pada khususnya. Karena dengan beberapa karateristik di dalamnya, media eksternal dapat cepat menangkap lebih banyak stimuli yang ditujukan oleh si komunikannya, karena pada dasarnya semakin media merangsang banyak indera manusia, maka semakin efektif media tersebut.
Menurut definisi yang dikemukan oleh Cutlip, Center, and Broom dalam bukunya Effective Public Relations (1994 : 263-273), memgemukakan bahwa : Brosur adalah publikasi singkat yang terdiri beberapa halaman yang berisi keterangan singkat yang berisi tentang organisasi atau perusahaan untuk diketahui umum.
Brosur itu sendiri dapat juga disebut dengan Booklets, yaitu media untuk mempromosikan atau menginformasikan tentang organisasi atau perusahaan yang disajikan dalam bentuk buku kecil yang biasanya tidak dijilid, biasanya pemakaian warna-warna yang menarik dan menjadikan salah satu daya tarik dari brosur tersebut.
Dalam hal ini Humas dari Carrefour menerbitkan salah satu jenis dari media komunikasi eksternal, yaitu brosur. Brosur ini diterbitkan oleh bagian Humas Carrefour dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dalam setiap kegiatannya. Brosur ini diterbitkan oleh Humas Carrefour secara dwi mingguan per edisinya sehingga sifatnya berkala atau periodik yang teratur dalam jangka waktu tertentu.
Oleh karena itu setiap bentuk informasi yang terdapat didalamnya, diharapkan dapat memicu perusahaan Carrefour dalam meningkatkan pemberian pelayanan kepada setiap pelanggannya.
Apabila dikaitkan dengan masalah pokok dalam penelitian ini, maka keberadaan brosur disini memiliki peranan penting dalam menyampaikan setiap informasi kepada publiknya yang dalam hal ini adalah para pelanggan Carrefour.
Selain itu brosur itu sendiri memilik daya tarik tersendiri dalam menjangkau publiknya, sehingga pelanggan yang dalam hal ini merupakan publik eksternal dari Carrefour dapat memanfaatkan brosur sebagai media informasi untuk mengetahui segala jenis produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Dengan kata lain brosur mempunyai pengaruh yang besar terhadap keberadaan dan kesuksesaan sebuah perusahaan pada khususnya Carrefour.
Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top