Kamis, 23 April 2015

Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Prestasi belajar

Prestasi belajar yang dicapai seorang individu merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yang mempengaruhinya baik dari dalam diri (Faktor internal) maupun dari luar diri (faktor ekstern) individu. Pengenalan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar penting sekali artinya dalam rangka membantu murid dalam pencapaian prestasi belajar yang sebaik-baiknya. yang tergolong faktor internal adalah:
1. Faktor jasmaniah (Fisiologis) baik yang bersifat bawaan maupun yang diperoleh. Yang termasuk faktor ini misalnya penglihatan, pendengaran, struktur tubuh dan sebagainya.
2. Faktor psikologis baik yang bersifat bawaan maupun yang diperoleh yang terdiri atas:
1) Faktor intelektif yang meliputi:
  • Faktor potensial yaitu kecerdasan dan bakat
  • Faktor kecakapan nyata yaitu prestasi yang telah dimiliki.
2) Faktor non intelektif, yaitu unsur-unsur kepribadian tertentu seperti sikap, kebiasaan, minat, kebutuhan, motivasi, emosi, dan penyesuaian diri.

3. Faktor kematangan fisik maupun psikis
Yang tergolong faktor eksternal, ialah:
1)    Faktor sosial yang terdiri atas :
  • Lingkungan keluarga
  • Lingkungan sekolah
  • Lingkungan masyarakat
  • Lingkungan kelompok
2)    Faktor budaya seperti adat istiadat, ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian.
3)    Faktor lingkungan fisik seperti fasilitas rumah, fasilitas belajar dan iklim.
4)    Faktor lingkungan spiritual atau keagamaan.
 
Faktor-faktor tersebut saling berinteraksi secara langsung ataupun tidak langsung dalam mencapai hasil belajar atau prestasi belajar.
Dari kesekian banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, dapat digolongkan menjadi tiga macam, yaitu:
1. Faktor-faktor stimuli belajar
Yang dimaksud dengan stimuli belajar disini yaitu segala hal diluar individu itu untuk mengadakan reaksi atau perbuatan belajar. Stimuli dalam hal ini mencakup material, penugasan, serta suasana lingkungan eksternal yang harus diterima atau dipelajari si pelajar.

2. Faktor-faktor metode belajar
Metode mengajar yang dipakai oleh guru sangat mempengaruhi metode belajar yang dipakai oleh si pelajar. Dengan perkataan lain, metode yang dipakai oleh guru menimbulkan perbedaan yang berarti bagi proses belajar.

3. Faktor-faktor individual
Kecuali faktor-faktor stimuli dan metode belajar, faktor-faktor individual sangat besar pengaruhnya terhadap prestasi belajar seseorang.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan prestasi belajar yaitu suatu hasil yang telah dilakukan seseorang melalui proses dan interaksi dengan lingkungannya, proses dan interaksi tersebut akan menimbulkan suatu perubahan tingkah laku yang menjadi bukti dari keberhasilan dalam belajar.

Pustaka.

Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top