Senin, 12 Januari 2015

Definisi dan Pengertian Identifikasi

Definisi dan Pengertian Identifikasi - Istilah definisi tidak asing di telinga kita, secara sederhana pengertian identifikasi ini mungkin sudah dapat mengerti, namun dari segi definisi keilmuan tidak semua orang mengerti, dan jika anda membutuhkan informasi tentang definisi atau pengertian identifikasi, mari kita sama-sama mencermati penjelasan berikut.
Secara definisi, Indentifikasi memiliki 3 pengertian :
  • tanda kenal diri; bukti diri
  • penentu atau penetapan identitas seseorang, benda, dsb.
  •  (Psikologi) proses psikologi yang terjadi pada diri seseorang karena secara tidak sadar dia membayangkan dirinya seperti orang lain yang dikaguminya, lalu dia meniru tingkah laku orang yang dikaguminya itu
Lalu apa yang disebut identifikasi? Secara umum pengertian identifikasi adalah satu cara yang dilakukan oleh seseorang untuk mengambil alih ciri-ciri orang lain, Identifikasi merupakan kecenderungan atau keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan individu lain atau menjadikannya bagian yang terintegrasi dengan kepribadian dirinya sendiri. Kemudian orang lain yang menjadi tujuan sasaran identifikasi disebut idola (dari kata idol yang berarti "sosok yang dipuja"). Pola hidup, sikap, perilaku bahkan keyakianan sang idola akan melembaga serta menjiwai para pelaku identifikasi sehingga kepribadian mereka terpengaruh dengan sang idol dan membentuk karakter yang mirip. Sepintas, identifikasi ini mirip dengan imitasi, namun pada dasarnya kedua adalah hal tersebut berbeda. Perbedaan dasarnya proses identifikasi, peniruan dilakukan secara menyeluruh, sehingga proses identifikasi lebih mendalam, sedangkan dalam proses peniruan imitasi cenderung tidak menyeluruh.

Definisi dan Pengertian Identifikasi

Awal proses identifikasi adalah karena adanya rasa kekaguman seseorang terhadap figur yang diyakininya menarik yang kemudian mendorongnya untuk menyamakan diri dengan orang yang dikagumi tersebut dengan harap akan menjadi sosok yang dikagumi. Proses indentifikasi ini bisa berlangsung dengan sendirinya (tanpa disengaja) ataupun dengan kesadaran penuh. Indentifikasi terjadi karena setiap pribadi individu memerlukan tipe-tipe ideal tertentu dalam proses hidupnya. Walaupun dapat berlangsung tanpa disengaja, proses indentifikasi biasanya terjadi dalam suatu keadaan dimana seseorang yang mengidentifikasi benar-benar mengharapkan sosok yang lain (sosok yang menjadi idealnya) sehingga pandangan maupun sikap yang ada pada pihak yang menjadi idealnya (idola) dapat menjiwainya.

Individu yang melakukan identifikasi tidak hanya akan meniru gaya hidup, penampilan dan tingkah laku sang idola saja, bahkan ia juga akan menempatkan kepercayaan serta prinsip hidup sang idola menjadi keyakinan dan prinsip hidupnya sendiri. Maka dari itu dalam proses identifikasi diperlukan memiliki pengetahuan yang mendalam tentang sosok idolanya tersebut hingga apapun akan dilakukannya demi untuk melengkapi pengetahuanya tentang sang idola.

Identifikasi ini pastinya akan memberikan dampak karena pengaruh tersebut, Seperti halnya imitasi identifikasi juga memiliki dampak negatif dan dampak positif, dampak ini tergantung pada sosok idola yang dipilihnya. Jika idola tersebut baik, maka identifikasi yang dilakukannya menjadikan dirinya sebagai individu yang baik. Namun sebaliknya, jika idola tersebut secara pandangan umum jelek, maka ia pun akan menjadi individu yang dinilai sama dengan idola tersebut oleh masyarakat yaitu menjadi individu yang jelek.

Pengertian Identifikasi

Contoh identifikasi, seorang remaja yang memiliki idola seorang artis terkenal ia mengidentifikasikan dirinya dengan seorang artis terkenal tersebut yang ia kagumi. Karena ia menganggap artis tersebut sosok idealnya kemudian, ia akan berusaha mengubah penampilan dirinya agar sama dengan artis idolanya itu, mulai dari model rambut, pakaian, gaya bicara, makanan kesukaan, bahkan sampai kepercayaan sang idola.
Bentuk-bentuk identifikasi yang terdapat didalam kehidupan masyarakat antara lain:
  • Identifikasi Kelas (class identification), adalah indentifikasi pada kelas sosial tertentu.
  • Identifikasi defensif (defensive identification), adalah identifikasi yang timbul karena rasa takut.
  • Identifikasi perkembangan (developmental identification), merupakan identifikasi hasil hubungan positif dengan pihak lain, dimana pihak yang mengadakan identifikasi pada mulanya sangat tergantung pada pihak lain.
  • Indentifikasi etnik (ethnic identification) adalah identifikasi terhadap kelompok etnis tertentu.
Penjelasan tentang definisi dan pengertian indentifikasi untuk sementara dicukupkan sampai disini, kesempurnaan mungkin masih jauh dari harapan namun ini lah yang bisa diusahakan, jika terdapat kekurangan mohon memakluminya, semoga bermanfaat,.

Pustaka,
KBBI, Berbagai Sumber terbuka
Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top