Jumat, 01 Januari 2016

Teori Motivasi Tiga Kebutuhan David Mc Cleland

Teori ini dikemukakan oleh David Mc Cleland beserta lekan-rekannya. Inti teori ini terletak pada pendapat yang mengatakan bahwa pemahaman tentang motivasi akan makin mendalam apabila didasari bahwa setiap orang mempunyai tiga jenis kebutuhan, yaitu: need for achievement, need for power, dan need for affiliation.
Need for Achievement (nAch). Dikatakan bahwa setiap orang ingin dipandang sebagai orang yang berhasil dalam hidupnya dan tidak ada orang yang senang jika menghadapi kegagalan. Keberhasilan itu bahkan mencakup seluruh kehidupan dan penghidupan seseorang. Misalnya, keberhasilan dalam pendidikan, keberhasilan dalam membina rumah tangga yang bahagia dan sejahtera, keberhasilan dalam usaha, keberhasilan dalam pekerjaan, termasuk keberhasilan dalam belajar, serta keberhasilan dalam bidang-bidang yang lainnya.
Dalam kehidupan organisasional, kebutuhan untuk berhasil biasanya tercermin pada adanya dorongan untuk meraih kemajuan dan mencapai prestasi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Penetapan standar itu dapat bersifat intrinsik dan ekstrinsik, artinya seseorang dapat menentukan bagi dirinya sendiri standar karya yang ingin dicapainya. Apabila siswa tergolong sebagai insan yang maksimalist, standar yang ditetapkannya bagi dirinya sendiri adalah standar yang tinggi bahkan mungkin melebihi standar yang ditetapkan secara ekstrinsik, yaitu oleh lembaga pendidikan atau sekolah. Sebaliknya siswa yang tergolong sebagai insan yang minimalist, standar yang ditetapkannya sebagai pegangan lebih rendah dari standar yang ditetapkan secara ekstrinsik.
Berarti siswa dengan Need for Achievement yang besar adalah siswa yang berusaha berbuat belajar secara maksimal. Contohnya dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru, dia berusaha berbuat lebih baik dengan hasil yang maksimal dibandingkan dengan siswa lainnya.

Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top