Jumat, 25 Desember 2015

Pengertian Email (Surat Elektkronik) Serta Definisi Email Menurut ahli

Berikut Penjelasan E-mail (Surat Elektronik) menurut ahli.

Pengertian maupun definisi email/e-mail dapat kita ketahui dari kepanjangan email itu sendiri. Kata email merupakan singkatan dari Electronic Mail, yang dalam bahasa indonesia memiliki arti 'surat elektronik' jadi E-mail (electronic mail) adalah surat dalam bentuk elektronik. Mengapa di sebut surat elektronik? Karena Email merupakan sistem yang memungkinkan pesan berbasis teks untuk dikirim dan diterima secara elektronik melalui komputer atau telepon seluler alias HP.
E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan dalam hal surat-menyurat. Hal ini dikarenakan e-mail merupakan alat komunikasi yang murah, cepat, dan efisien. Menggunakan e-mail memungkinkan kita untuk mengirimkan pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan biaya yang murah. E-mail yang dikirimkan akan sampai ke alamat yang dituju sesaat e-mail tersebut dikirimkan. Biaya yang dikluarkan pun hanyalah biaya untuk mengakses internet pada saat kita mengirimkan/membuka untuk menerima e-mail tersebut.
Pengertian email diatas, jika ingin dibuat lebih spesifik menjadi sebagai berikut; email adalah cara pengiriman data, file teks, foto digital, atau file-file audio dan video dari satu komputer ke komputer lainnya, dalam suatu jaringan komputer. Jaringan komputer ini bisa berupa jaringan komputer intranet maupun jaringan komputer internet. Anda mungkin bertanya-tanya, Bagaimana email dapat dikirim dan diterima antarkomputer? Untuk pengiriman dan penerimaan email ini atau korespondensi antar email, kita biasa menggunakan alamat email. Alamat Email Untuk menerima email, kita harus memiliki alamat emil. Seperti yang telah disebutkan dimuka, alamat email diibaratkan sebagai sebuah nomor HP. Hanya saja formatnya tidak angka semua sebagaimana pada nomor HP. Alamat email menggunakan format semacam berikut ini:
namaPemilikatauapapapun@namapenyediaemail.com Contoh nya sebagai berikut :
pakde@yahoo.com
pak.dede@gmail.com
bu_aqiqoh123@blabla.com
pria.ganteng@gmail.com

Sebagaimana yang anda lihat, alamat email memuat dua identitas yang dipisahkan oleh tanda @. Dibagian kiri tanda @ biasa disebut sebagai username email dan dibagian kanan adalah server atau penyedia dari email tersebut. Username menyatakan identitas pengguna email, sedangkan server menunjukkan identitas dari penyedia layanan email. Biasanya, bagian username dapat berupa kata-kata, nama, singkatan, atau nomor-nomor tertentu. Namun begitu, biasanya bagian username ini hanya boleh berisi huruf, angka, tanda titik dan tanda underscore. Sehingga tanda spasi, dan karakter-karakter khusus, seperti #,$,%,&,?,<, (, ), dan simbol-simbol lainnya tidak bisa digunakan sebagai alamat email. Sebagaimana pada nomor HP, ketika kita salah menuliskan alamat email maka email yang kita kirim tidak mungkin sampai. Sebagaimana jika kita salah memencet 1 nomor saja pada HP, maka bisa dipastikan salah sambung.

Pengertian Email (Surat Elektronik) Secara Umum Menurut ahli.
Dalam dunia komunikasi modern ini kita mungkin kerap kali mendengar sebuah istilah yang bernama email. Fungsi dari email ini adalah untuk mengirim pesan kepada orang lain dengan menggunakan internet sebagai medianya. Dengan adanya email ini, banyak orang di belahan dunia yang akhirnya bisa berkomunikasi dengan mudah. Di sisi lain, email juga berperan penting bagi mereka yang menjalankan aktivitas bisnis. Bayangkan jika anda melakukan aktivitas bisnis tanpa menggunakan internet. Hal serupa juga dikemukakan oleh Tom Van Vleck dalam bukunya yang berjudul The History of Mail. Beliau mengatakan bahwa internet adalah sebuah media yang sangat penting di era modern ini. Tanpa adanya internet, dunia ini akan kesulitan dalam melakukan komunikasi setiap hari.

Pengertian Email Menurut David Woole, peneliti dari The Emergency of Online Community, mengatakan bahwa email merupakan sebuah media yang berfungsi sebagai digital message. Hal ini jelas dikarenakan kini semua orang yang bersemayam di dunia maya baik itu mereka yang berprofesi sebagai pebisnis maupun pelajar kini bisa menggunakan internet dengan mudah. Dari sisi fungsi lainnya, email juga sangat penting bagi anda yang menggunakan situs tertentu, misalnya anda tergabung dalam situs dan blog yang selalu memberikan sharing informasi kepada orang lain, setidaknya anda harus punya email terlebih dahulu agar nantinya anda bisa mudah untuk mengakses blog maupun situs yang spesifik tersebut.
Satu hal yang penting adalah internet email juga sangat penting dalam membuat anda mudah untuk terhubung dengan jejaring sosial. John Rhoton dalam bukunya yang berjudul Programmer Guide Internet Mail berkata bahwa email adalah jembatan yang memudahkan mereka untuk melakukan aktivitasi dan memperoleh informasi di media jejaring sosial. Nah, apa media sosial yang paling sering digunakan saat ini? Tentu saja ada banyak, dimana salah satunya adalah facebook dan juga twitter. Jika anda ingin membuka atau membuat akun untuk jejaring sosial ini maka syarat utama yang harus anda penuhi terlebih dahulu adalah dengan memiliki akun email. Tanpa adanya akun ini maka mustahil anda akan bisa membuka akun jejaring sosial anda dengan mudah.

Pengertian Email Marsha Egan, mengatakan bahwa ada banyak sekali fitur yang terdapat dalam email yang bisa dimanfaatkan fungsinya dengan baik. Dalam email, anda akan bisa melihat menu inbox yang berfungsi untuk melihat siapa yang mengirimi email ke akun anda. Kemudian ada juga fitur lainnya yaitu sent item yang akan melihatkan kepada anda mengenai email apa saja yang sudah anda kirim ke orang lain beserta isinya. Ada juga menu draft yang bisa anda optimalkan untuk mengirim pesan kepada orang yang anda inginkan beberapa hari kemudian atau nantinya. Email merupakan sebuah media digital dalam komunikasi yang istimewa.

Metode Pengiriman Email (Surat Elektronik)
Untuk mengirim surat elektronik kita memerlukan suatu program mail-client. Surat elektronik yang kita kirim akan melalui beberapa poin sebelum sampai di tujuan. Mulai dari surat elektronik dikirim → Internet → POP3 server penyedia e-mail penerima → e-mail client (di komputer si penerima) → surat elektronik dibaca si penerima
Terlihat surat elektronik yang terkirim hanya melalui 5 poin (selain komputer pengirim dan penerima). Sebenarnya lebih dari itu sebab setelah surat elektronik meninggalkan POP3 Server maka itu akan melalui banyak server-server lainnya. Tidak tertutup kemungkinan surat elektronik yang kita kirim disadap orang lain. Maka dari itu bila surat elektronik yang kita kirim mengandung isi yang sensitif sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan, dengan mengacak (enkrip) data dalam surat elektronik tersebut (contohnya menggunakan PGP, sertifikat digital, dan lain-lain)

Membaca Email (Surat Elektronik)
Surat elektronik pada mulanya disimpan di dalam sebuah mailserver. Biasanya bila seseorang memakai koneksi ISP untuk sambungan ke internet, ia akan diberikan satu surat elektronik gratis. Surat elektronik yang diterima akan disimpan di server surat elektronik ISP.
Ada dua cara untuk mengakses surat elektronik:
Dengan cara menggunakan peramban web, seperti Mozilla Firefox. Metode ini disebut sebagai web-based, artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke kotak surat elektronik. Contoh: Yahoo! Mail dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan daring. Layanan surat elektronik berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan surel gratis.
Menggunakan program pengakses surat elektronik (e-mail client), seperti: Eudora Mail, Outlook Express, Windows Mail, Mozilla Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah dapat membaca surat elektronik tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan puluhan surat elektronik dapat diterima dan dikirimkan secara bersama-sama sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan surel secara luring. Dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.

Manfaat atau kegunaan e-mail (Surat Elektronik)
1.      Media komunikasi, E-mail atau surat elektronik adalah media komunikasi yang biasa dilakukan secara persoal atau umum (komunitas).
2.      Media pengiriman, Dengan e-mail anda bisa melakukan pengiriman data ke seluruh dunia dan tentunya pengirim dan yang dikirimi data sama-sama menggunakan alamat e-mail, bukan alamat rumah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan e-mail anda bisa mengirimkan data ke banyak orang hanya dalam hitung menit bahkan detik.
3.      Media promosi, Jika anda bisa memiliki usaha di internet atau bisnis online, anda bisa mengirimkan promosi produk ke para pelanggan anda dengan memanfaatkan daftar e-mail pelanggan yang ada.
4.      Media informasi, Melalui e-mail, anda bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru dari seluruh dunia yang anda inginkan dengan cara menjadi pelanggan informasi dari media yang anda tentukan.
5.      Alamat Media Identitas di Internet (Sosial media), Dengan e-mail, anda dapat mendaftar / menggunakan sosial media jejaring sosial seperti facebook, twitter, dll hingga bisa menjalin hubungan dengan teman atau orang lain. Dengan e-mail anda bisa membuat blog dan website.

Email juga berperan sangat penting bagi beberapa hal, salah satunya adalah untuk periklanan sebuah produk dan juga fungsi lainnya. Ada kalanya mungkin anda akan sering melihat ada iklan yang masuk kea kun anda. Tidak perlu kaget dengan hal ini karena itu berarti ada salah satu lembaga atau institusi tertentu maupun individu yang menggunakannya untuk keperluan tersebut. Rich Kawanagh, dalam artikelnya yang berjudul Top Ten Email Spam List, mengatakan bahwa email memang adalah sebuah media yang terbaik untuk komunikasi. Namun ada kalanya kita harus sangat hati-hati karena beberapa email tersebut ternyata adalah Spam!
Apa itu Spam Email? Spam adalah sebuah email yang akan mengganggu akun anda. Mengapa? Karena banyak sekali jumlahnya dan ini terkadang akan bisa memenuhi inbox. Adakah solusi untuk masalah yang satu ini? Tentu saja ada. Caranya adalah dengan melakukan non aktif spam di akun email anda. Hasilnya, spam yang masuk akan langsung dihapus dan masuk ke dalam recycling email. Semua itu mungkin perlu pembelajaran dan keterbiasaan anda untuk membuka email. Jika anda adalah orang yang sering membuka email anda setiap hari, ada baiknya jika anda melakukan hal yang satu ini. Siapa tau anda nantinya akan bisa semakin mudah berinteraksi dengan banyak pihak karenanya.

Klasifikasi Email (Surat Elektronik).
Secara garis besar, E-mail dapat dibedakan menjadi dua, yaitu e-mail berbasis SMTP/POP dan e-mail berbasis web. 
A. Berikut Penjelasan dari E-Mail berbasis SMTP/POP dan E-Mail berbasis Web :
E-mail Berbasis SMTP/POP E-mail berbasis SMTP/POP (Simple Mail Transfer Protocol/Post Office Protocol) adalah e-mail yang menggunakan server SMTP/POP, yaitu komputer yang dapat mengirim e-mail dari pengguna ke alamat e-mail yang dituju dan sebaliknya. Agar dapat menggunakan fasilitas e-mail pada server SMTP/POP, pemakai harus mempunyai account di server SMTP/POP. Selain itu, pemakai juga harus menggunakan software mail client untuk membaca dan mengirim e-mail dari dan ke server SMTP/POP. Apabila server telah menyediakan layanan Telnet, maka pengguna dapat masuk ke mesin server, kemudian menjalankan software mail client pada server. Namun jika server tidak menyediakan layanan Telnet, maka pengguna harus memiliki software mail client seperti Ms Outlook, Eudora, Ms Outlook Express, Pegasus, dan Netscape Communicator. Agar dapat menggunakan software mail client, pengguna harus melakukkan setting atau pengaturan beberapa informasi, seperti nama (alamat IP) server SMTP/POP, nama user (user name/user ID), dan password pada server e-mail.
Pada server SMTP/POP, semua e-mail yang dikirim ke pengguna dan telah memiliki account di server akan disimpan dalam sebuah direktori. Kemudian, saat pengguna menghubungi server, semua e-mail yang ditujukan kepadanya akan dikirim ke komputer client. Sebaliknya, saat pengguna ingin mengirim e-mail ke suatu alamat e-mail, maka e-mail tersebut akan dikirim ke server SMTP/POP dan selanjutnya akan diteruskan ke alamat yang dituju.

B. E-Mail Berbasis WEB
E-mail berbasis Web berbeda dengan e-mail berbasis POP. Pada E-mail berbasis Web, pengguna tidak perlu memiliki account POP pada server SMTP/POP karena akses e-mail dilakukkan melalui Web Mail dengan menggunakan browser. Di internet, kita dapat menggunakan situs yang menyediakan layanan e-mail (webmail) gratis seperti : Yahoo (mail.yahoo.com), Google (Gmail.google.com), Hotmail (www.hotmail.com), dll.
Selain E-mail gratis, juga terdapat e-mail langganan melalui ISP (Internet Service Provider), seperti indonet.com, telkomspeedy.com, wasantara.com, elganet.com, dan lain-lain. Namun, biasanya e-mail dari ISP merupakan e-mail berbasis SMTP/POP

E. Email Forwarder
Pengertian email forwarder adalah sebuah cara untuk membuat alias dari alamat email kita yang sebenarnya. Sebagai contoh, alamat email saya yang sebenarnya adalah, akan tetapi saya masih bisa menerima email dari manapun juga yang dialamatkan kepada inbox untuk alamat email saya yang asli. Dalam hal ini adalah sebuah email forwarder, karena semua email yang ditujukan kepada alamat itu akan diteruskan lagi ke alamat yang sebenarnya
Email Forwarder adalah sebuah fasilitas yang dulu banyak tersedia secara gratis, tapi kini sudah banyak yang komersial, dalam arti menuntut kita untuk membayar sejumlah uang tertentu.
Orang menggunakan email forwarder dengan berbagai macam alasan. Mungkin alamat email yang sebenarnya dirasakan terlalu jelas menunjukkan identitas seseorang, seperti ISP yang digunakan, atau negara asal pengirim. Alasan lain boleh jadi adalah bila seseorang ingin anonim dalam sebuah forum diskusi tertentu, atau mungkin menggunakan sebuah email forwarder dan dengan identitas yang sama sekali lain. Ada pula yang menggunakan email forwarder untuk menghindari kemungkinan menerima spamming.

Ditinjau Dari Segi Format Isi Pengertian format isi di sini adalah bagaimana penampakan visual sebuah pesan email. Ada dua macam yaitu :
a. Plain Text
Dengan plain text, dimaksudkan bahwa tulisan yang kita ketikkan hanya berupa data dalam format ASCII (American Standard Code for Information Interchange). Tulisan yang disajikan dalam format plain text sama sekali tidak memungkinkan kita untuk membuat modifikasi pada tampilan visualnya, seperti membuat tebal, atau membuat miring sebuah teks, mengganti warna, ukuran huruf, latar belakang, atau membubuhkan hiasan-hiasan tertentu.
b. HTML
HTML singkatan dari HyperText Mark-up Language, yaitu sebuah bahasa standard yang digunakan untuk menampilkan / mengatur penampilan materi-materi informasi di internet. Email yang ditulis dengan menggunakan format HTML akan memungkinkan isinya disusun secara variatif, mulai dari pengaturan huruf, warna, lay out, sampai peletakan gambar.
Seringkali bila kita mengirim email ke sebuah forum diskusi / milis ada himbauan untuk hanya mengirimkan email dalam format plain text saja. Hal ini disebabkan biasanya email dalam format HTML memiliki ukuran yang lebih besar dari yang berformat plain text. Alasan lain adalah karena tidak semua orang dalam sebuah milis menggunakan email client yang bisa menampilkan HTML, sehingga ketika sebuah email HTML dibuka, isinya hanya serangkaian kode-kode yang tidak bisa dipahami sama sekali. Sebenarnya hampir semua email client dewasa ini sudah mendukung format HTML, sehingga kini jarang ditemui keluhan seseorang yang tidak bisa membaca sebuah email, hanya karena email yang dibacanya itu dibuat dalam format HTML. Banyak orang yang memang tidak peduli apakah plain text atau HTML, tapi pertanyaannya, bila dengan format yang sederhana saja sudah bisa menyampaikan pesan, mengapa mesti dengan HTML. _^

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Email (Surat Elektronik)
ada banyak Kelebihan email jika dibandingkan dengan surat biasa. Sistem pengiriman email tidak memerlukan amplop dan perangko serta pembuatannya tidak memerlukan pulpen, kertas, maupun tinta seperti halnya surat yang biasanya. Proses berkirim email pun dapat dilakukan dengan sangat cepat ke seluruh dunia sehingga dapat menghemat uang dan waktu dalam berkirim surat. Dengan kemajuan teknologi saat ini, kita bisa mengirim surat dalam beberapa detik ke belahan dunia yang lain. Hal ini mungkin tidak terbayangkan di masa yang lalu
kelebihan email diantaranya :
  1. Nyaman, Untuk mengirim surat tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan sekarang inie-mail bisa dikirim melalui media komunikasi mobile seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant Data).
  2. Cepat, Hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun.
  3. Murah Efisien, Biaya pengiriman relatif sangat murah dibandingkan penggunaan telepon atau surat, terutama jika mengirim surat atau interlokal ke luar daerah atau luar negeri.
  4. Hemat sumber daya, Kita tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya.
  5. Global, E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia.
  6. Reliabel, Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus.
  7. Pesan multimedia, Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.

Kelemahan Email Meskipun email memiliki berbagai macam kelebihan seperti yang telah disebutkan tadi, namun email juga memiliki kelemahan. Kelemahan / Kekurangan email (Surat Elektronik) diantaranya  
  1. Salah kirim, Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.
  2. Rawan penyadapan, Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
  3. Pemalsuan identitas, Kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.
  4. Kebanjiran e-mail, Hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
  5. Sampah e-mail, Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
  6. Respon terlambat, Tidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga ada
kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.

Keamanan
Keamanan data di surat elektronik tidaklah terjamin dan selalu ada risiko terbuka untuk umum, dalam artian semua isinya dapat dibaca oleh orang lain. Hal ini disebabkan oleh karena surat elektronik itu akan melewati banyak server sebelum sampai di tujuan. Tidak tertutup kemungkinan ada orang yang menyadap surat elektronik yang dikirimkan tersebut.
Surat elektronik dapat diamankan dengan melakukan teknik pengacakan (enkripsi). Salah satu program enkripsi yang populer adalah PGP (Pretty Good Privacy). Dengan memakai PGP maka isi akan dienkrip, dan hanya orang yang tertuju dapat mendekripsi dan membaca surat elektronik tersebut. Kerugiannya adalah membuat repot pihak pengirim dan penerima (karena keduanya harus memiliki program PGP, dan pengirim juga harus memiliki kunci umum penerima, dan melakukan enkripsi pesan dengan kunci tersebut).


Etika penggunaan surat elektronik
Etika dalam surat elektronik sama dengan etika dalam menulis surat biasa. Ada surat elektronik yang isinya formal ada yang informal. Beberapa poin penting:
Jangan mengirim surat elektronik dengan lampiran (attachment) yang terlalu besar (lebih dari 512 kB). Tidak semua orang mempunyai akses Internet yang cepat, dan ada kemungkinan lampiran tersebut melebihi kapasitas surat elektronik penerima, sehingga akan ditolak mailserver penerima. Selain itu, perhatikan juga bahwa beberapa penyedia surat elektronik juga menerapkan batasan tentang jumlah, jenis, dan ukuran surat elektronik yang dapat diterima (dan dikirim) penggunanya,
Jangan mengirim lanjut (forward) surat elektronik tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju.
Selalu isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong.
Dalam mengutip tulisan orang lain, selalu usahakan mengutip seperlunya, jangan mau gampangnya mengutip seluruh tulisan orang itu:
dalam menjawab surat elektronik orang lain, kutip bagian yang kita tanggapi saja, selain lebih jelas juga tidak memakan waktu / jatah akses penerima,
dalam mengutip tulisan orang ketiga, ingat hak cipta: kutip sesedikit mungkin dan rujuk ke tulisan aslinya.
Jangan menggunakan huruf kapital karena dapat menimbulkan kesan anda BERTERIAK.
Gunakan kata-kata dengan santun. Adakalanya sesuatu yang kita tulis akan terkesan berbeda dengan apa yang sebetulnya kita maksudkan.

Demikianlah Pembahasan dari Pengertian email (Surat Elektronik) beserta manfaat/kegunaan e-mail. Semoga bermanfaat, terima kasih.
Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top