Sabtu, 17 Oktober 2015

Pembuatan dan Penyajian Media Transparansi

Sejauh ini, papan tulis dianggap sebagai media yang paling praktis dan murah, sehingga setiap ruang kelas hampir pasti memilikinya. Tetapi papan tulis memiliki berbagai kelemahan misalnya dalam hal keterbatasan jangkauan, kurangnya daya tarik, dan hanya dapat dipakai secara langsung (tidak bisa dipersiapkan sebelumnya). Sementara penggunaan proyektor slide atau film, meskipun dipandang dapat mengatasi kelemahan papan tulis tersebut, namun biayanya mahal dan kurang praktis pengoperasiannya. Penggunaan OHP bisa dianggap sebagai "jalan tengah" antara media tradisional papan tulis dengan media audio visual modern lainnya.

Karena berbagai keterbatasan, modul ini tidak mungkin membicarakan pemanfaatan semua jenis media. Dengan pertimbangan praktis, bagian ini hanya akan membahas pembuatan dan penyajian media transparansi OHP. Diantara beraneka macam media yang telah kita bicarakan, media transparansi agaknya merupakan media yang cukup populer penggunaannya di sekolah. Hampir semua sekolah telah memiliki peralatan OHP, namun pemanfaatannya belum maksimal. Oleh karena itu, jenis media ini sengaja dibahas secara lebih detail dalam modul ini.

Dibandingkan dengan media pembelajaran modern lainnya (slide, film, video), OHP merupakan "alat bantu mengajar tatap muka sejati". Anggapan ini bisa dimaklumi, sebab untuk menggunakan OHP tata letak ruang kelas tetap seperti biasa, guru dapat bertatap muka dengan siswa (tanpa harus membelakangi siswa). Selain itu, dengan ruang kelas yang tidak perlu gelap, aktivitas siswa dapat berlangsung seperti biasa, dapat saling melihat dan tetap dapat sambil mencatat. Keadaan seperti ini membuat aktivitas belajar tidak terganggu.

Penggunaan OHP bisa dianggap sebagai "jalan tengah" antara media tradisional papan tulis dengan media audio visual modern lainnya. Media OHP merupakan media yang cukup populer penggunaannya di sekolah. Hampir semua sekolah telah memiliki peralatan OHP, namun pemanfaatannya belum maksimal. Media transparansi terdiri dari perangkat keras (OHP) dan perangkat lunak (OHT). Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk menghasilkan OHT, yaitu: dengan cara mengambil dari bahan cetak dengan teknik tertentu dan membuat sendiri secara manual. OHT dapat dibuat dalam beberapa bentuk dan teknik sajian, misalnya: bentuk tunggal, tumpang tindih (overlay), bentuk buka‑tutup (masking), bentuk yang diberikan lapisan transparansi berwarna.


Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top