Senin, 12 Oktober 2015

Definisi dan Pengertian Download serta Pengertian Upload

Istilah Download ataupun Upload bukanlah istilah yang asing dalam telinga kita yang sering menggunakan komputer atau gadget, karena mungkin sering kali kita melalukan proses men-download dan men-upload file atau data dalam melakukan kegiatan berinternet tersebut, namun apakah anda mengetahui definisi atau pengertian tentang istilah download dan upload tersebut? tidak sedikit dari kita yang kurang mengerti apa itu yang dimaksud dengan download dan upload. Nah karena hal itu mari kita sama-sama baca penjelasan singkat tentang upload dan download. Supaya kita bisa lebih memahami makna dari istilah tersebut.

Definisi atau pengertian Download
Istilah Download dianggap berkaitan erat dengan pengertian menerima file dari komputer lain ke komputer kita. Kegiatan penerimaan ini berupa data (file) dari komputer lainnya ke komputer lokal yang terhubung dalam sebuah network atau internet.
Sehingga download merupakan suatu proses transmisi sebuah file atau data dari sebuah sistem komputer ke sistem komputer yang lainnya. Dari internet, user/pengguna yang melakukan proses download (unduh) yaitu proses dimana seorang user meminta atau merequest sebuah file dari sebuah komputer lain ( seperti: web site,server atau yang sebagainya) dan lalu menerimanya. baik melalui web server, FTP server, mail server, server ataupun sistem lain yang identik.
Dengan kata lain, Pengertian download adalah transmisi file dari internet ke komputer client/pengguna dapat dikatakan juga proses penerimaan atau pengambilan file dari internet/server ke komputer pribadi.

Dalam mendownload file biasanya digunakan tool tertentu agar download kita lebih cepat dan bisa di "pause" kemudian di "resume" untuk dilanjutkan, berikut tool yang digunakan untuk proses donwload. file-file yang biasanya di download(unduh) dari internet dapat berupa file video, Mp3, 3gp, document, aplikasi, software.
Beberapa software atau tool yang bisa mempercepat proses download serta melakukan penghentian sementara proses donwload atau dikenal dengan "pause".
berikut tool yang digunakan untuk proses download :
  • Internet download manager
  • Getright
  • BitTorrent
  • Orbit Downloader
Dan masih banyak yang lainnya, untuk mendapatkan software-software tersebut anda tinggal masukkan kata kunci tool diatas kemudian ditambah dengan "download"


Definsi atau Pengertian upload
Istilah Upload dianggap berkaitan erat dengan pengertian Mengirim file dari komputer kita ke komputer lain. Kegiatan pengiriman data (berupa file) dari komputer lokal ke komputer lainnya yang terhubung dalam sebuah network.
Tujuan upload yang dilakukan oleh banyak pengguna internet dengan harapan supaya data yang dimilikinya dapat digunakan/dipakai oleh orang lain yang membutuhkan ataupun hanya untuk sekedar pembelajaran saja.
Upload adalah sering dikatakan juga dengan Unggah, yaitu merupakan suatu cara untuk mengirimkan File (contohnya seperti file: gambar, program, musik, dokumen pdf, dan lain-lain) dari komputer pribadi ke sebuah sistem Server dan file atau data akan di publikasikan di internet sehingga data yang telah di upload dapat dilihat dan diambil (download) oleh orang lain atau orang banyak.
Upload adalah juga proses transmisi sebuah file dari sebuah sistem komputer ke sistem komputer yang lainnya dengan arah yang berkebalikan dengan download. Dari internet, user yang melakukan proses upload adalah proses dimana user mengirimkan file ke komputer lain yang memintanya. User yang men-share gambar,foto dengan yang user yang lainnya di bulletin board sytem (BBS), mengupload file ke BBS. File Transfer Protocol (FTP) adalah contoh Internet protokol untuk downloading and uploading files.
Atau definisi Upload yang lainnya adalah suatu proses transmisi sebuah file atau Data dari sebuah sistem komputer pribadi ke sistem komputer yang lainnya (server) dengan arah yang berkebalikan dengan download. Dari jaringan internet, user yang melakukan proses upload yaitu proses dimana user mengirimkan file ke komputer lain yang meminta file. Singkatnya proses transmisi atau pengiriman file ataupun data, dari komputer pribadi ke jaringan internet.
Secara umum download (unduh) dapat diartikan untuk menerima file dan upload adalah untuk mengirimkan file.

Sampai di sini mungkin kita sudah mengerti mengenai definisi ataupun pengertian download dan upload, karena tadi sebelumnya sudah membaca, mencermati dan memahami artikel ini, semoga dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kita.


Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top