Senin, 31 Agustus 2015

Pengertian Komputer serta definisi komputer menurut para ahli

Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khususnya teknologi komputer. Dapat dilihat bahwa untuk menuliskan suatu dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik manual dan sudah digantikan perannya oleh komputer. Kasir di suatu pertokoan besar (supermarket) sudah menggunakan peralatan otomatis berupa komputer yang didisain khusus untuk keperluan itu. Kumpulan lagu-lagu yang sebelumnya hanya dapat didengarkan melalui media kaset atau piringan hitam, saat ini sudah mulai dikemas dalam bentuk compact disk (CD) yang dapat didengarkan dengan menggunakan komputer multimedia. Belum lagi perkembangan teknologi komputer di bidang kesehatan yang maju sangat pesat untuk membantu diagnosa penyakit dan proses penyembuahnnya. Dan masih banyak lagi bidang-bidang kehidupan manusia yang saat ini sudah menggunakan peralatan komputer.
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.
Setiap mesin yang mampu menerima data, memproses data, menyimpan data, dan menghasilkan bentuk keluaran berupa teks, gambar, simbol, angka dan suara dapat dikategorikan sebagai komputer. Dalam pengoperasian, bentuk, sistem dan fungsinya komputer dapat dibagi menjadi dua(2) bagian yaitu hardware dan software.
Dalam penggunaan komputer ada 3 komponen yang terlibat secara intens, yaitu hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), dan brainware (manusia). Tidak ada sistem komputer dan kegiatan komputasi yang tidak melibatkan ketiga komponen tersebut.
Robot, walaupun seakan-akan tidak ada komponen brainware yang terlibat, namun sebelum robot tersebut dapat beraktivitas, dia harus diprogram terlebih dahulu oleh manusia.

Pengertian Komputer
komputer diambil dari bahasa latin computare yang artinya menghitung, jika dalam bahasa inggris to compute, yang artinya juga sama yaitu menghitung.
Secara umum komputer dapat diartikan sebagai alat elektronika yang bekerja secara koordinasi dan integrasi berdasarkan program, dapat menerima masukan berupa data yang diproses didalam suatu sistem dan dikeluarkan dalam bentuk informasi.

Definisi Pengertian komputer menurut para ahli :
1.Robert H Blissmer menyatakan bahwa Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampumelakukan beberapa tugas antara lain menerima input,memproses input tadi sesuai denganprogramnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan dan menyediakanoutput dalam bentuk informasi.
2.Fouri berpendapat bahwa computer adalah suatu alatpemroses data yang mampu melakukanperhitungan dengan jumlah besar dengan cepat,termasuk operasi logika dan aritmatika,tanpamanusia ikut campur.
3.Jhon J. Longkutoy, berpendapat bahwa computer adalah pemecah persoalan atau pengolahdata yang dapat menghasilkan informasi yang diperlukan.
4.Donald H.Sanders Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepatdan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima danmenyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatulangkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori.
5.V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic. S.G. Zaky Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatuprogram yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.
6.Gordon B. Davis Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentuyang pasti.William M.Fouri Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapatmelakukan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atauoperasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.
7.Elias M Awad menyatakan bahwa komputer adalah alat hitung yang memproses data yangdisajikan dalam bentuk data diskret (digital) dan data kontinyu (analog).
8.Larry Long & Nancy Long komputer adalah alat hitung elektronik yang mampumenginterpretasikan dan melaksanakan perintah-perintah terprogram untuk input, output,perhitungan, dan operasi-operasi logik.
9.June Parsons berpendapat bahwa komputer adalah perangkat serba guna yg menerima input,proses data, penyimpanan data, dan menghasilkan output, semua menurut serangkaianinstruksi di simpan.
10.Garry b. Shelly & Randolph E. Gunter menyatakan bahwa komputer merupakan perangkatelektronik, beroperasi di bawah kendali instruksi di simpan dalam memori, yang dapatmenerima data, mengelolah data sesuai dengan aturan yang ditetapkan, memproduksi hasil

Untuk lebih memahami konsep komputer anda bisa perhatikan struktur organisasi komputer disamping dan berikut penjelasannya :
1. Input Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer
2. Output Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
3. I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
4. CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
5. Memori
Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
6. Data Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
7. Address Bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
8. Control Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 samapai 10 jalur paralel.
1.1 Pengenalan konsep dasar komputer
1.1.2 Sistem Pengolahan Data Elektronik
Sistem Pengolahan Data Elektronik (SPDE) merupakan sistem pengolahan data yang menggunakan komputer sebagai peralatan umum. Untuk melakukan sistem pengolahan data ini diperlukan unsur-unsur pelaksana yang terdiri dari :
Hardware (Perangkat Keras)
Software (Perangkat Lunak)
Brainware (Sumber Daya Manusia)
1.1 Pengenalan konsep dasar komputer
1.1.3 Hardware komputer
Perangkat keras yang ada pada komputer atau yang lebih familiar disebut Hardware, dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu :
1. Perangkat Input
Perangkat input berfungsi untuk memasukkan data dan program kedalam komputer. Contoh perangkat input antara lain:
• Keyboard
• Mouse
• Scaner, dll.
2. Perangkat Output
Perangkat ini berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data. Contoh perangkat input antara lain :
• Monitor
• Printer
• Speaker, dll.
3. Perangkat Penyimpan Data
Perangkat ini berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Contoh perangkat penyimpan data antara lain:
• Diskete
• Harddisk
• Compact Disc
• Flash Disc, dll.
4. Perangkat Pembaca dan Penulis Data
Perangkat ini berfungsi untuk membaca dan menulis data kedalam perangkat penyimpan data. Contoh perangkat pembaca dan penulis data antara lain :
• Floppy Disk Drive
• CD ROM
• CD RW
• DVD ROM
• DVD RW, dll.
5. Perangkat Proses
Perangkat ini berfungsi untuk proses komputer secara keseluruhan. Perangkat proses ini terdiri dari :
• Control Procecing Unit (CPU) / Prosesor
• Main Memory
1.1 Pengenalan konsep dasar komputer
1.1.4 Software Komputer
Software merupakan program-program yang befungsi mengatur kerja hardware. Software dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu :
1. Sistem Operasi (Operating System)
Sistem Operasi berfungsi untuk mengatur kerja komputer secara mendasar, misalnya menghidupkan dan mematikan komputer, dll. Contoh Sistem Operasi yaitu :
• Ms. DOS
• MS. Windows untuk Personal Computer
• Linux
• LinDows, untuk pengguna Linux dan Windows
• Mac OS untuk pengguna komputer Apple Macintosh
• OS/2, AIX, OS/390 untuk komputer IBM
• SunOS untuk Sun Komputer
• Free BSD
• Solaris
• VMS untuk DEC, dll.
2. Program Paket (Package Program)
Program paket menyediakan program siap pakai yang dibuat oleh pabrik. Contoh Paket Program antara lain:
• Microsoft Office
• Adobe Photoshop
• Corel Draw, dll.
3. Bahasa Pemrograman ( Language )
Bahasa pemrograman dipakai untuk membuat program-program aplikasi yang dapat berfungsi sebagai penghubung kerja antara computer dan peralatannya sesuai dengan kebutuhan pembuatnya. Contoh bahasa pemrograman yaitu :
• Basic
• Pascal
• Visual Basic
• Borland Delphi
• Foxpro, dll.
4. Program Bantu ( Utility )
Program Bantu dapat digunakan untuk membantu kerja Sistem Operasi dan pengguna computer yang menginginkan program pembantu. Contoh program Bantu yaitu :
• Antivirus
• WinZip
• Partition Magic, dll.
1.1 Pengenalan konsep dasar komputer
1.1.5 Brainware
Brainware merupakan manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan system computer. Brainware dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu :
1. Operator
Operator adalah orang yang mengoperasikan komputer
2. Programer
Programer adalah orang yang membuat program untuk digunakan / dijalankan didalam computer.
3. Analis
Analis adalah orang yang bertugas menyusun analis dan desain sebuah system pembuatan program.
Overview
Pada Bab ini kita akan mengenal lebih dekat lagi tentang perangkat keras komputer atau yang biasa disebut hardware, yang meliputi jenis dan fungsinya. Perangkat tersebut antara lain adalah :
1. Prosesor
2. RAM/Memori
3. Harddisk
4. VGA Card
5. Sound Card
6. Mainboard/motherboard
7. CD ROM / RW
8. DVD ROM / RW
9. Floppy Drive
10.Monitor
11.Keyboard
12.Modem
13.TV Tuner
14.Scaner
15.Printer
16.Kabel Data, dll
2.1 Pengenalan hardware-hardware utama komputer
2.1.1 Prosesor
Prosesor merupakan otak dari sebuah komputer yang berfungsi sebagai pemroses data yang masuk menjadi sebuah informasi, menjalankan dan melaksanakan instruksi serta mengkoordinasi semua perangkat yang behubungan dengan komputer
Ada banyak pabrik pembuat prosesor di dunia, berikut ini contoh beberapa pabrik pembuat prosesor beserta jenis prosesor yang dibuat :
1. Intel
Intel Corporation, yang sekarang berpusat di Santa Clara, California, Amerika didirikan tahun 1968 dan sekarang merupakan perusahaan pembuat mikroprosesor terbesar di dunia dengan laba sekitar $ 34,3 milyar. Intel merupakan singkatan dari Integrated Electronics. Mikroprosesor yang diproduksi antara lain:
286
386
486
Pentium I
Pentium Pro
Pentium II
Pentium III
Pentium 4
Celeron
Xeon
2. AMD
Advanced Micro Devices, Inc. didirikan pada 1969 dan sekarang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Merupakan pesaing Intel dalam pasar mikroprosesor. Dikenal sebagai pembuat mikroprosesor x86-kompatibel terbesar kedua. Beberapa produknya adalah:
AMD K-6, K-7
Duron
Thunderbird
Athlon
Sempron
Opteron
Turion
3.Cyrix
Cyrix didirikan pada tahun 1988 dan merupakan pembuat ko-prosesor matematis berkemampuan tinggi untuk sistem 286 dan 386. Dikenal mampu bekerja pada kecepatan optimal dan memiliki suhu yang relatif lebih rendah dibanding prosesor denga kecepatan yang sama. Kinerja yang diberikan tetap tidak sebaik Intel dan AMD. Beberapa produk yang dikeluarkan adalah :
6×86, termasuk 6×86L yang memiliki konsumsi daya lebih rendah dan 6×86MX yang kompatibel dengan instruksi MMX Intel
MediaGX
MII
4. VIA
VIA Technologies, yang didirikan tahun 1987 adalah perusahaan Taiwan yang memproduksi IC untuk chipset mainboard, CPU dan memory. Merupakan pembuat chipset mainboard terbesar di dunia. Prosesor C3 yang dikembangkan VIA ditargetkan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang kecil dan ringan.
5. Transmeta
Transmeta didirikan tahun 1995 yang memproduksi dua arsitektur prosesor x86-kompatibel: Crusoe dan Effieon. Produk-produk ini digunakan dalam laptop ultra-portable, server-server Blade, TabletPC, bahkan pada kompi desktop. Keunggulan terletak pada konsumsi daya dan dissipasi panas yang sangat baik.
Selain itu, juga terdapat beberapa perusahaan lain yang membuat prosesor namun jumlah dan kualitas yang tidak begitu baik, seperti IBM dan IDT, ALPHA, dan CENTAUR.
Tiap prosesor umumnya memiliki arsitektur dan sistem produksi yang berbeda. Beberapa prosesor hanya dapat dipasangkan dengan mainboard tertentu, tergantung jenis soket atau slot prosesor yag dimiliki mainboard.
Berdasarkan arsitekturnya prosesor dibedakan menjadi beberapa jenis :
1. Prosesor Onboard (Sudah terpasang/tertanam langsung pada Mainboard)
2. Prosesor Jenis Socket (Bisa dilepas dan diganti sesuai keinginan)
3. Prosesor Jenis Slot (Bisa dilepas dan diganti sesuai keinginan)
Tercatat bahwa prosesor pertama adalah buatan Intel dengan adalah MCS4 yg menjadi cikal bakal prosesor seri i4040 pada tahun 1971.
Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top