Sabtu, 04 Juli 2015

Struktur Organisasi Dinas Pendapatan Daerah

Struktur Organisasi Dinas Pendapatan Daerah itu sendiri yang merupakan ciri organisasi yang berupa struktur organisasi meliputi faktor luasnya desentralisasi dan menurut Miles maupun Handoko memiliki 5 unsur: 1) Spesialisasi Kegiatan, 2) Standarisasi Kegiatan, 3) Koordinasi Kegiatan, 4) Sentralisasi dan Desentralisasi Pengambilan Keputusan, 5) Ukuran Satuan Kerja. Jadi struktur merupakan susunan formal dan mekanisme dengan mana organisasi dikelola sebagai perwujudan hubungan-hubungan antar komponen-komponen, bagian-bagian, fungsi-fungsi, kegiatan-kegiatan dari posisi yang menunjukkan tingkat spesialisasi kegiatan kerja.
Dari struktur organisasi maka ada 5 aspek utama struktur organisasi sebagai berikut:
  1. Pembagian kerja menunjukkan tanggungjawab atau satuan organisasi untuk bidang tertentu dari beban kerja organisasi.
  2. Pimpinan dan bawahan: Garis menunjukkan hubungan wewenang dan tanggung jawab yang menghubungkan atasan dan bawahan dalam keseluruhan organisasi. Aliran ini dimulai dari jenjang organisasi yang tertinggi sampai karyawan terendah dalam suatu organisasi mempunyai suatu kaitan dengan pimpinan puncak organisasi. Dalam hal ini prinsip garis komando harus jelas, dimana seorang bawahan menerima tugas dan pelimpahan wewenang dari pimpinannya dan melaporkan pertanggungjawaban kepada pimpinannya.
  3. Jenis pekerjaan yang dilaksanakan: Label atau deskripsi pada setiap kotak menunjukkan pekerjaan atau tugas-tugas pekerjaan dan tanggungjawab yang berbeda
  4. Pengelompokkan bagian-bagian kerja: Keseluruhan bagan organisasi menunjukkan dasar pembagian kegiatan organisasi, misalnya atas dasar fungsional atau divisional atau lainnya (departementalisasi).
  5. Tingkat manajemen: Sebuah bagan tidak hanya menunjukkan pimpinan dan bawahan, tetapi juga hirarki manajemen secara keseluruhan.
Struktur Organisasi dapat dijadikan sebagai variabel yang menjelaskan karakteristik organisasi, karena dengan struktur organisasi maka orang-orang dapat disusun atau diatur untuk dapat menciptakan sebuah organisasi yang meliputi faktor-faktor seperti jumlah spesialisasi pekerjaan, cakupan perumusan antar pribadi serta pengaturan pemanfaatan teknologi guna pencapaian tujuan yang efisien dan efektif, serta menempatkan karyawannya pada organisasi tersebut berdasarkan spesialisasinya. Pada struktur organisasi diadakan untuk bekerjanya organisasi tersebut dan bagi pemeliharaannya, dimaksudkan pula pembagian dari peranan-peranan didalam organisasi tersebut, pola-pola wewenang dan sistem komunikasi, komitmen dari orang-orang pada doktrin dan program dari organisasi tersebut akan mempengaruhi kemampuannya untuk melaksanakan komitmen-komitmen yang sudah diprogramkan.
Adanya sistem pengendalian dan pengawasan terhadap pelaksanaan pekerjaan serta tingkat interaksi antar bagian kerja akan berpengaruh terhadap efektivitas organisasi. Jadi secara singkat struktur organisasi melihat cara bagaimana orang-orang akan dikelompokkan untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan yang diberikan dengan cepat tepat waktu serta efisien dan efektif.
Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top