Jumat, 03 Juli 2015

Pengertian Humas Eksternal

Menurut Onong U.Effendy dalam bukunya Kamus Komunikasi (1989:126) menyebutkan bahwa humas eksternal adalah :
“Hubungan masyarakat yang diselenggarakan oleh suatu organisasi dengan public luar organisasi, seperti penduduk dilingkungan sekitar, instansi pemerintah, pers, pelanggan, konsumen dan lain-lain yang ada kaitannnya dan diduga ada kaitannya dengan organisasi tersebut dengan kegiatan komunikasi dua arah secara timbal balik dalam rangka membina kerjasama yang akrab demi kepentingan dan keuntungan bersama yang dilandasi azas saling pengertian dan saling mempercayai.”

Dari uraian diatas dikatakan bahwa humas eksternal merupakan hubungan masyarakat dengan publik diluar organisasi yang dilakukan dengan kegiatan komunikasi dua arah atau timbal balik untuk mendapatkan keuntungan dan menjalin kerjasama diantara keduanya.
Humas Eksternal merupakan salah satu kegiatan Public Relations dalam meningkatkan citra perusahaan yang ditujukan kepada publik yang ada di luar organisasi atau perusahaan (masyarakat, agen, konsumen/pelanggan, pemerintah, dsb). Kegiatan humas eksternal sendiri adalah mengadakan komunikasi yang efektif baik bersifat persuasif maupun informative yang ditujukan kepada publik luar organisasi yang bersifat timbal balik dan harus diberikan dengan jujur, terbuka dan berdasarkan fakta. Tugas eksternal PR adalah menyelenggarakan atau mengadakan komunikasi dua arah yang bersifat informative, edukatif, dan persuasive.
Konsep komunikasi dua arah ini, menurut Kasali dalam Manajemen Public Relations, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia (1992:193) merupakan salah satu factor yang membedakan eksternal PR dari kegiatan lainnya. Melalui konsep dua arah ini, mengharuskan Eksternal PR tidak hanya bertugas mengumpulkan informasi tentang publik saja, tetapi berfungsi juga untuk membentuk citra dan berusaha mengembangkan ke arah yang lebih baik sebagai tujuan utama dari eksternal PR.



Adapun fungsi eksternal adalah :
1. Menjalin hubungan baik dengan publik eksternal
Kegiatan humas eksternal untuk memelihara hubungan baik dengan publik luar perusahaannya untuk membentuk image/citra positif.
2. Penyambung lidah antara pihak luar dengan perusahaan
Sebagai perantara antara publik luar dengan perusahaan agar menciptakan kerjasama yang saling menguntungkan atau timbal balik untuk mencapai kesepakatan bersama
3. Menyeleksi komunikasi eksternal
Komunikasi eksternal merupakan kegiatan yang dilakukan oleh praktisi humas dalam membina hubungan baik dengan publik eksternal. Tujuan utamanya adalah mengusahakan tumbuhnya sikap dan gambaran positif dari publik terhadap organisasi serta mempererat hubungan dengan pihak luar organisasi tersebut, sehingga akan tumbuh opini publik yang menguntungkan perusahaan.
Menurut Abdurrachman dalam bukunya Dasar-Dasar Public Relations (1993:62) menyebutkan bahwa salah satu tujuan humas eksternal adalah :
“Untuk mengeratkan hubungan dengan orang-orang diluar badan atau instansi hingga terbentuklah opini publik yang favourable terhadap badan itu.”

Dari pernyataan tersebut jelas bahwa dalam melakukan kegiatannya, humas eksternal bertujuan untuk mengeratkan publik diluar organisasi agar tercipta hubungan baik hingga dapat terbentuk suatu opini publik tentang perusahaan tersebut.
Tugas-tugas yang harus dilaksanakan dalam hubungan eksternal didasarkan atas kebutuhan untuk memperoleh dukungan, pengertian, dan kepercayaan dari public eksternal dan menciptakan kesediaan kerja sama dari publik tersebut. Tugas-tugasnya antara lain adalah :
  1. Menilai sikap dan opini publik terhadap kepemimpinan, para pegawai dan metode yang digunakan
  2. Memberi nasihat dan arahan pada pemimpin tentang segala sesuatu yang ada hubungannya dengan humas mengenai perbaikan-perbaikan, kegiatan-kegiatan dan lain-lain
  3. Memberikan penerangan-penerangan yang objektif agar public tetap terinformasi tentang segala aktivitas dan perkembangan organisasi itu
  4. Menyusun staf yang efektif untuk bagan itu
Dalam hal ini, humas eksternal Telkom selalu memberikan pelayanan dan kualitas terbaik kepada publik eksternal agar mereka merasa puas dan tentunya menciptakan opini publik yang positif tentang perusahaan sehingga timbul image atau citra positif.
Salah satu kegiatan humas eksternal adalah membina kegiatan hubungan dengan publik eksternal, dalam hal ini adalah melakukan kegiatan community relations yang berupa kegiatan Corporate social Responsibility (CSR) yaitu melakukan kegiatan-kegiatan sosial antara PT Telkom dengan komunitasnya dengan tujuan mengadakan hubungan timbal balik di antara kedua belah pihak. Dengan begitu, maka dapat tercipta atau membangun opini publik yang baik dan meningkatkan citra perusahaan terhadap publiknya.
Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top