Jumat, 03 Juli 2015

Pengertian Corporate Social Responsibility (CSR)

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggung jawab mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada.
Banyak faktor yang mendorong munculnya gerakan CSR (www.communityrelations.com) : (a) kepedulian dan harapan baru dari masyarakat warga, konsumen, otoritas publik dan investor dalam konteks globalisasi dan perubahan industri dalam skala besar; (b) kriteria sosial meningkat sehingga mempengaruhi keputusan investasi bagi individu dan institusi sebagai konsumen dan sebagai investor; (c) meningkatnya keprihatinan masyarakat terhadap kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh aktivitas ekonomi perusahaan; (d) transparensi aktivitas bisnis yang di bawa oleh media massa dan teknologi informasi dan komunikasi modern.
Dengan mengutif definisi WBCSD (World Busness Council for Sustainable Development) dalam bukunya Yosal Community Relations bahwa CSR sebagai “komitmen berkelanjutan kalangan bisnis untuk berperilaku etis dan memberikan sumbangan pada pembangunan ekonomi sekaligus memperbaiki mutu hidup angkatan kerja dan keluarganya serta komunitas lokal dan masyarakat secara keseluruhan.”
Seorang PR memiliki peran yang sangat besar di perusahaan dalam menjalin hubungan dengan publik internal dan eksternal. Sehingga terlibat aktif dalam transformasi pandangan dan sikap yang menunjukan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dan di mungkinkan untuk para manajer dan karyawan pun mengambil keputusan bisnis berdasarkan pendekatan CSR. Bidang Program CSR menurut buku Yosal Community Relations ini meliputi:
a. Komunitas dan masyarakat luas,
b. Program-program karyawan
c. Penanganan pelangganan/produk
d. Lingkungan hidup
e. Keterlibatan Stakeholder
f. Komunikasi dan pelaporan
g. Pemegang saham
h. Pemasok
i. Tata-pamong/tatacara
PT Telkom sendiri mempunyai kegiatan Telkom Peduli yang merupakan program pemerintah dalam rangka mendorong kegiatan pertumbuhan ekonomi dan terciptanya pemerataan pembangunan. Kegiatan-kegiatan Telkom sendiri dalam rangka menjalankan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) adalah :
1. Pembinaan Usaha Kecil
Membina usaha kecil dan menengah, seperti Telkom Kalteng kucurkan dana UKM, Telkom Sumbagsel kucurkan dana PKBL Rp.5,4 M, dll.
2. Kegiatan Sosial
Melakukan banyak kegiatan sosial, seperti Telkom Peduli Ketahanan Pangan di Semarang, Telkom Dukung Penuh Lomba Ketrampilan Penyandang Cacat, dll.
3. Kegiatan Keagamaan
Dalam rangka menyatu dengan masyarakat sekitarnya, Telkom secara berkesinambungan melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan, seperti Ribuan Pengunjung Padati Flexi Tabliq Akbar di Divre V, Khitanan Massal 100 Anak di Telkom Bogor, dll.
4. Kegiatan Pendidikan Budaya Olahraga
Telkom juga berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan budaya dan olahraga yang diselenggarakan didalam negri maupun di luar negri, seperti Telkom Bali Kembangkan Content Pariwisata Pertama di Indonesia, Kemeriahan Tutup Porseni Telkom Group, dll.
5. CO-OP
Merupakan program Cooperative Academic Education yang disingkat CO-OP yang melibatkan 3 pihak yaitu, Mahasiswa, Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha. Kebijakan Perusahaan dalam mengembangkan lingkungan strategis yaitu melalui CSR (Corporate Sosial Responsibility) akan menjadi landasan dari program-program kolaborasi yang terkait dengan pemberdayaan para mahasiswa didalam mengembangkan kemampuan kewirausahaan melalui program CO-OP.
6. Program Magang Industri
Merupakan kegiatan untuk meningkatkan kualitas SDM-SDM baru. Salah satu upaya peningkatan SDM khususnya dalam pendidikan tinggi adalah melalui program Co-op yang merupakan sarana penting bagi pengembangan diri dan kemampuan berwirausaha serta kemandirian bagi lulusannya.
Dari berbagai kegiatan CSR diatas, penelitian ini hanya mengarah pada satu kegiatan saja, yaitu kegiatan sosial yang merupakan salah satu kegiatan PT Telkom dalam membina hubungan baik dengan masyarakat/publik terlebih lagi untuk menciptakan opini positif dari masyarakat/publik yang dapat meningkatkan citra lembaga/perusahaan tersebut. 

Salah satu kegiatan sosialnya adalah Telkom Peduli Musibah Banjir di Bekasi. Dalam hal ini Telkom berupaya memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan secepatnya. Bantuan yang diberikan Telkom berupa layanan, seperti dapur umum, layanan kesehatan serta pemberian paket sembako. Hal ini tentu sangat membantu bagi mereka yang membutuhkannya. Untuk itu, Telkom selalu peduli terhadap masyarakat/publiknya.
Dengan adanya kegiatan sosial ini, diharapkan dapat membantu beban masyarakat terhadap musibah yang mereka hadapi dan sesuai dengan program peduli Telkom bahwa Telkom akan selalu siap membantu masyarakat sekitar yang memerlukan bantuan.
Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top