Sabtu, 20 Juni 2015

Pentingnya Bercerita Dengan Papan Planel Bagi Perkembangan Anak

Banyak orang tidak menyadari betapa besar pengaruh cerita dengan papan planel bagi perkembangan berbicara anak, bahkan sampai membentuk budayanya. Pengaruh cerita dengan papan planel, membaca cerita dan bercerita yang demikian besar menjadi salah satu alasan bagaimana cerita dengan papan planel yang baik.

Cerita dengan papan planel dilaksanakan oleh guru sebagai sarana mendidik dan membentuk kepribadian anak melalui pendekatan transmisi budaya, Suyanto & Abbas (Taningsih, 2005 : 16). Melalui kegiatan ini, transmisi budaya terjadi secara alamiah, bawah sadar dan akumulatif hingga jalin menjalin membentuk kepribadian anak. Bercerita dengan papan planel menjadi sesuatu yang penting bagi anak karena beberapa alasan, yaitu :

1. Bercerita dengan papan planel merupakan alat pendidikan budi pkerti yang paling mudah dicerna anak.

2. Bercerita dengan papan planel merupakan metode dan materi yang dapat di integrasikan dengan dasar ketrampilan lain, yakni berbicara, membaca dan menulis.

3. Bercerita dengan papan planel memberi ruang lingkup yang bebas pada anak untuk mengembangan kemampuan bersimpati dan berempati.

4. Bercerita dengan papan planel memberikan “pelajaran” budaya dan budi pekerti yang memiliki retensi lebih kuat dari pada “pelajaran”.

5. Bercerita dengan papan planel memberi contoh pada anak bagaimana menyikapi suatu permasalan dengan baik, sekaligus memberi pelajaran.
Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top