Sabtu, 20 Juni 2015

Pengertian Bercerita Dengan Papan Planel

Bercerita adalah menuturkan sesuatu yang mengisahkan tentang perbuatan atau sesuatu kejadian dan disampaikan secara lisan dengan tujuan membagikan pengalaman dan pengetahuan kepada orang lain (Bacrtiar S Bachir : 2005 : 10).
 
Sedangkan menurut M. Nur Mustakim (2005 : 20), bercerita adalah upaya untuk mengembangakan potensi kemampuan berbahasa anak melalui pendengaran dan kemudian menuturkannya kembali dengan tujuan melatih ketrampilan anak dalam bercakap-cakap untuk menyampaikan ide dalam bentuk lisan.
Bercerita dengan papan planel yaitu bertutur kata untuk mengisahkan tentang perbuatan atau suatu kejadian yang disampaikan dengan menggunakan papan dan gambar sebagai penunjang isi yang kita sampaikan atau kita tuturkan.
 
Dengan kata lain bercerita adalah menuturkan sesuatu yang mengisahkan tentang perbuatan atau suatu kejadian secara lisan dalam upaya untuk mengembangkan potensi kemampuan berbicara.
Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh orang yang lebih tua kepada orang yang lebih muda dengan tujuan untuk mendewasakan diri. Pendidikan bisa dilaksanakan baik di sekolah maupun di luar sekolah. Pendidikan di sekolah dikenal dengan pembelajaran oleh guru, sedangkan di luar sekolah oleh lingkungan. Pembelajaran di Taman Kanak-kanak erat kaitannya dengan berbagai macam metode terutama yang disenangi oleh anak seperti cerita dengan papan planel.
 
Metode bercerita dengan papan planel merupakan salah satu pemberian pengalaman bagi anak TK dengan membawakan cerita kepada anak secara lisan. Cerita yang dibawakan guru harus menarik dan mengundang perhatian anak dan tidak lepas dari tujuan pendidikan bagi anak TK. Bila isi cerita itu dikaitkan dengan dunia kehidupan anak TK, maka mereka merasa akan mendengarkannya dengan penuh perhatian, dan mudah dapat menangkap isi cerita. Dunia kehidupan anak itu penuh dengan suka cita, maka kegiatan bercerita dengan papan planel harus diusahakan dapat memberikan perasaan gembira, lucu dan mengasyikkan. Dunia kehidupan anak-anak itu berkaitan dengan lingkungan keluarga, sekolah dan luar sekolah. Kegiatan bercerita dengan papan planel di TK harus diusahakan menjadi pengalaman bagi anak TK yang bersifat unik dan menarik, yang menggetarkan perasaan anak, dan memotivasi anak untuk mengikuti cerita itu sampai tuntas. Ada beberapa macam teknik bercerita yang dapat dipergunakan antara lain guru dapat membaca langsung dari buku gambar, menggunakan papan flanel, menggunakan boneka, bermain peran dalam suatu cerita. Sebelum melaksanakan kegiatan bercerita, anak-anak yang mengikuti kegiatan bercerita duduk di lantai mengelilingi bu guru yang duduk di kursi kecil. Anak-anak itu akan mendengarkan ibu guru bercerita. Sedangkan tiga kelompok yang lain duduk di meja lain dengan kegiatan yang berbeda, misalnya : kelompok yang satu melakukan kegiatan menggambar, kelompok yang satu lagi melakukan kegiatan melipat kertas, sedangkan kelompok yang terakhir melakukan kegiatan membangun atau membentuk plastisin. Dengan demikian masing-masing kelompok akan memperoleh kesempatan melakukan kegiatan yang sama.
Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top