Selasa, 23 Juni 2015

Metode Bernyanyi untuk meningkatkan Hapalan Do’a Harian

Lagu atau nyanyian akan membawa pengetahuan barubagi anak. Banyak lagu khusus diciptakan untuk menambah wawasan anak-anak mengenai berbagai hal. Bisa memperkenalkan nama-nama tumbuhan, binatang, benda-benda langit, profesi, macam-macam rasa, warna, bilangan, dan lain sebagainya.lagu juga bisa digunakan sebagai metode untuk emmperkuat hapalan anak-anak.misalnya ada lagu tentang nama-nama bulan, nama nabi dan Rosul. Bahkan para ulama tempo dulu menghapalkan do’a-do’a atau sejarah nabi.
Do’a-do’a harian yang disampaikan dengan menggunakan nyanyian akan lebih mempermudah anak untuk menghapalnya. Dengan nyanyian kalimat do’a akan mudah dihapal karena dilakukan dengan melodi atau nada.
Dalam kegiatan hapalan, diperlukan daya ingat bagi anak. Anak yang cerdas akan mudah hapal dan mengingat hapalan yang disampaikan oleh guru.
Menyanyi adalah keterampilan yang berbasis pada memori otot. Ini merupakan perpanjangan dari proses berbicara. Untuk menjadi penyanyi yang baik, maka seseorang harus mampu bernafas dengan benar, bernyanyi dengan kuat (resonansi) dan menyanyi sesuai nada.
Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top