Selasa, 23 Juni 2015

Manfaat menggambar

  1. Alat bercerita, Sebagai contoh gambar bisa menjadi alat bercerita seperti menceritakan rasa senang ketika mempunyai boneka. Pada suatu saat anak usia 5 tahun menggambar sebutir telur, dia sangat yakin akan gambarnya, bahwa ini adalah ungkapan perasaan yang akan disampaikan kepada orang lain. ketika ditanya oleh gurunya, “ ini gambar telur ? kok hanya satu ? apa maksudnya ? ”. Si anak kemudian menjawab:….” mini gambar keramaian pasar”…… serta merta gurunya terperanjat, gambar satu telur merupakan simbol keramaian pasar. Namun setelah gurunya menanyakan lebih lanjut, ternyata diterangkan oleh anak sebagai kejadian yang dialaminya beberapa hari sebelumnya. anak telah memecahkan telur dalam tas plastik yang sedianya akan dimasak oleh ibunya.
  2. Menggambar melatih mengutarakan pendapat, mulai pendapat yang nyata (lugas) sampai simbol yang merupakan ide/angan-angan yang tidak dapat diungkapkan lewat kata-kata anak menggambar adalah menceritakan, mengungkapkan sesuatu yang ada pada dirinya secara intuitif dan spontan lewat media gambar (susatyo, 1994)
  3. Menggambar sebagai media mencurahkan perasaan, Anak menggambar alat musik sambil menirukan suaranya dan menirukan cara memainkannya.
  4. Alat bermain, Cerita tentang telur memberikan arti bahwa kejadian tsb. Melatih anak untuk mengungkapkan pengalaman yang cukup lama terjadi.
  5. Melatih ingatan
  6. Menggambar melatih berpikir komprehensif (menyeluruh) Anak mengungkapkan seluruh peristiwa dalam satu gambar tetangga.bmp menggambar dapat digunakan untuk mendidik anak melatih mengendurkan spontanitas dan mengarahkan untuk mengajarkan cara berbicara
  7. Menggambar sebagai media sublimasi perasaan, Kehidupan perasaan dan pikiran anak usia 3-5 th masih menyatu (susanto, 1956). Menggambar dapat digunakan untuk menyeimbangkan perasaan dan pikiran yang tidak dapat muncul.
  8. Menggambar melatih keseimbangan, Susunan gambar, figur, benda/objek pada gambar anak mempunyai komposisi yang tepat. Kegiatan menggambar akan dapat menampung ide dan melatih menyeimbangkan perasaan secara spontan.
  9. Menggambar mengembangkan kecakapan emosional
  10. Menggambar melatih ketelitian melalui pengamatan langsung, Pembelajaran pendidikan seni rupa (menggambar) dengan meminta anak mengamati lingkungan sekitar merupakan salah satu cara melatih ketelitian pengamatan.
Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top