Minggu, 07 Juni 2015

Hubungan antara berbagai sasaran strategic yang dihasilkan dalam perencanaan strategic dengan kerangka Balanced Scorecard

Keberadaan perusahaan ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada stakeholders utamanya, yaitu investors dan customers. Investor dipuaskan dengan shareholder value dan customers dipuaskan dengan firm equity. Shareholder value adalah nilai perusahaan dipandang dari persepsi investors, yang ditentukan oleh dividen dan harga pasar (untuk perusahaan public). Firm equity adalah nilai perusahaan dipandang dari sudut customer, yang ditentukan oleh brand equity (nilai produk dipandang dari customers) dan firm culture (kultur perusahaan yang menentukan kualitas hubungan perusahaan dengan customers). Gambar diatas melukiskan hubungan antara berbagai sasaran strategik yang dihasilkan dari tahap perencanaan strategik. Angka dalam tanda kurung menunjukkan urutan hubungan.
Untuk memuaskan kedua stakeholdersnya, perusahaan memerlukan dua modal (capital), yaitu human capital dan organizational capital. Human capital dibangun melalui pengembangan employee capability dan employee commitment. Human capital kemudian dimanfaatkan untuk membangun firm equity dengan mendesain dan memproduksi produk dan jasa yang menghasilkan value terbaik bagi customer (1). Human capital juga dimanfaatkan untuk membangun organizational capital untuk menghasilkan proses yang cost effective (2). Proses yang cost effective akan menurunkan biaya dalam jumlah yang signifikan (3) dan akan meningkatkan produktivitas, sehingga melipatgandakan pendapatan (4). Firm equity akan melipatgandakan pendapatan penjualan, sehingga digabung dengan penurunan biaya dari proses yang cost effective, akan dapat diwujudkan pelipatgandaan shareholders value.
Hubungan berbagai sasaran strategic yang dihasilkan dalam perencanaan strategic dengan kerangka Balanced Scorecard menjanjikan peningkatan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kinerja keuangan. Kemampuan ini sangat diperlukan oleh perusahaan yang memasuki lingkungan bisnis yang kompetitif.
Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top