Jumat, 19 Juni 2015

Definisi atau Pengertian Guru

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (1994 : 377) Guru adalah orang yang pekerjaannya (mata pencahariannya, profesinya) mengajar. Dengan demikian guru adalah orang yang bisa menyampaikan pengetahuannya kepada orang lain (murid atau peserta didik).
 
Guru adalah pendidik dan pengajar pada pendidikan anak usia dini jalur sekolah atau pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. (http://id.wikipedia.org/wiki/Guru#Arti_umum). Guru-guru seperti ini harus mempunyai semacam kualifikasi formal. Dalam definisi yang lebih luas, setiap orang yang mengajarkan suatu hal yang baru dapat juga dianggap seorang guru. Beberapa istilah yang juga menggambarkan peran guru, antara lain : Dosen, Mentor, Tentor, Tutor.
 
Selain menyampaikan materi pelajaran, tugas guru tidak boleh diabaikan adalah memimpin kelas yang diasuhnya sedemikian rupa, sehingga tercipta suasana kelas yang menunjang terlaksananya proses belajar mengajar yang efektif efisien. Menurut team SPA Jogjakarta (2002 : 1), Kegiatan mengajar meliputi dua kegiatan yaitu :
  1. Intruktional activities (menyampaikan meteri pelajaran dengna metode-metode tertentu),
  2. Manajerial activities ( mengelola anak didik/kelas).
Agar tujuan pengajaran dapat tercapai, kondisi positif semacam ini mutlak harus diusahakan. Usaha untuk menciptakan suasana kondusif bagi keberhasilan proses pendidikan inilah yang dikenal sebagai kegiatan mengelola kelas. Yang dimaksud kelas disini bukan hanya ruangannya saja tetapi yang lebih penting adalah anak didiknya.
 
Kondisi yang optimal dapat diwujudkan bila guru mampu mengkondisikan anak didik dan sarana pembelajaran serta mengendalikannya dalam suasana yang menyenangkan. Selain itu,hubungan interpersonal yang harmonis antara guru dengan anak didik dan antara anak didik dengan anak didik lainnya adalah faktor yang sangat mempengaruhi keberhasilan pengelolaan kelas.
Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top