Jumat, 19 Juni 2015

Ciri-Ciri Guru Profesional

Faktor terpenting yang menentukan keberhasilan sebuah lembaga pendidikan adalah faktor sumber daya manusianya, dalam hal ini yaitu guru sebagai pendidik. Kini semakin disadari bahwa faktor peningkatan kemampuan guru, orang tua, ustad/ustadzah dalam memerankan fungsinya sebagai pendidik, pengajar dan pengasuh anak-anak semakin memerlukan perhatian. Pelaksanaan upaya ini mengalami kendala yang cukup rumit mengingat banyak diantara aktivitas pendidikan yang penuh semangat itu ternyata tidak / belum memiliki bekal wawasan kependidikan yang memadai. Padahal untuk dapat menjalankan tugasnya secara optimal, bekal pokok berupa wawasan ini mutlak diperlukan. SPA Jogjakarta (2002).

Diantara beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru / pendidik dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia menurut http://gurukreatif.wordpress.com/2009/11/06/10-ciri-guru-profesional/, diantaranya yaitu :
1. Selalu punya energi untuk siswanya
Seorang guru yang baik menaruh perhatian pada siswa di setiap percakapan atau diskusi dengan mereka. Guru yang baik juga punya kemampuam mendengar dengan seksama.
2. Punya tujuan jelas untuk Pelajaran
Seorang guru yang baik menetapkan tujuan yang jelas untuk setiap pelajaran dan bekerja untuk memenuhi tujuan tertentu dalam setiap kelas.
3. Punya keterampilan mendisiplinkan yang efektif
Seorang guru yang baik memiliki keterampilan disiplin yang efektif sehingga bisa mempromosikan perubahan perilaku positif di dalam kelas.
4. Punya keterampilan manajemen kelas yang baik
Seorang guru yang baik memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik dan dapat memastikan perilaku siswa yang baik, saat siswa belajar dan bekerja sama secara efektif, membiasakan menanamkan rasa hormat kepada seluruh komponen didalam kelas.
5. Bisa berkomunikasi dengan Baik Orang Tua
Seorang guru yang baik menjaga komunikasi terbuka dengan orang tua dan membuat mereka selalu update informasi tentang apa yang sedang terjadi di dalam kelas dalam hal kurikulum, disiplin, dan isu lainnya. Mereka membuat diri mereka selalu bersedia memenuhi panggilan telepon, rapat, email dan sekarang, twitter.
6. Punya harapan yang tinggi pada siswa nya
Seorang guru yang baik memiliki harapan yang tinggi dari siswa dan mendorong semua siswa dikelasnya untuk selalu bekerja dan mengerahkan potensi terbaik mereka.
7. Pengetahuan tentang Kurikulum
Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan mendalam tentang kurikulum sekolah dan standar-standar lainnya. Mereka dengan sekuat tenaga memastikan pengajaran mereka memenuhi standar-standar itu.
8. Pengetahuan tentang subyek yang diajarkan
Hal ini mungkin sudah jelas, tetapi kadang-kadang diabaikan. Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan yang luar biasa dan antusiasme untuk subyek yang mereka ajarkan. Mereka siap untuk menjawab pertanyaan dan menyimpan bahan menarik bagi para siswa, bahkan bekerja sama dengan bidang studi lain demi pembelajaran yang kolaboratif.
9. Selalu memberikan yang terbaik untuk Anak-anak dan proses Pengajaran
Seorang guru yang baik bergairah mengajar dan bekerja dengan anak-anak. Mereka gembira bisa mempengaruhi siswa dalam kehidupan mereka dan memahami dampak atau pengaruh yang mereka miliki dalam kehidupan siswanya, sekarang dan nanti ketika siswanya sudah beranjak dewasa.
10. Punya hubungan yang berkualitas dengan Siswa
Seorang guru yang baik mengembangkan hubungan yang kuat dan saling hormat menghormati dengan siswa dan membangun hubungan yang dapat dipercaya.
Sedangkan menurut Yufiarti (2008 : bab 3.29) menyatakan bahwa, kompetensi seorang guru PAUD terdiri dari 4 komponen, yaitu :
1. Kompetensi pedagogic
2. Kompetensi kepribadian
3. Kompetensi social
4. Kompetensi profesional
Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top