Selasa, 23 Juni 2015

Cara Menggunakan Media Pohon Hijaiyah

Pohon hijaiyah terdiri dari dua kata, yaitu “pohon” dan “Hijiayah”. Pohon artinya tumbuhan yang berbatang keras dan besar. Sedangkan hijaiyah hurup arab yang terdiri dari alif sampai ya. (KUBI, 2003 : 883).
Pohon sering kita jumpai sebagai tumbuhan hidup yang terdiri dari akar, batang, ranting, daun dan buah. Sedangkan hijaiyah yaitu huruf arab yang terdiri dari alif sampai ya. Namun, pada arti kata pohon hijaiyah disini yaitu, pohon mati yang dibuat dari kayu membentuk sebuah pohon hidup dengan buah yang ditulisi huruf-huruf hijaiyah, mulai dari alif sampai ya. Pohon hijaiyah ini digunakan sebagai media/alat pembelajaran.
Pohon hijaiyah termasuk kedalam jenis media pembelajaran Auditif. Karena dalam pemakaiannya, pohon hijaiyah hanya bisa dilihat dan tidak mengeluarkan suara. (Katri Hari Sukarsih, 2002 : 5)
Kita dapat menyiapkan pohon angka dengan berbagai bentuk, warna dan ukuran. Yang menjadi pijakan adalah, bentuk pohon dan kepingan huruf hijaiyah untuk ditempel sebagai buah pohon. Kepingan-kepingan huruf hijaiyah tersebut harus dapat dibongkar pasang untuk cara bermain anak.
Cara menggunakan pohon hijaiyah tersebut yaitu dengan cara : menyanyi dan guru menunjukkan huruf hijaiyahnya satu per satu, Tanya jawab, dan permainan huruf.
Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top