Jumat, 29 Mei 2015

Pengertian Sumber Daya Umat

Manusia setelah berperan aktif dan dominan dalam setiap kegiatan organisasi karena manusia menjadi perencana, pelaku dan penentu terwujudnya tujuan organisasi. Tujuan tidak mungkin terwujud tanpa peran aktif sumber daya yang handal meskipun alat-alat yang dimiliki sebuah intansi pendidikan begitu canggihnya. Alat-alat cangih yang dimiliki intansi pendidikan tadi tidak ada manfaatnya yang berarti, jika peran aktif sumber dayanya tidak diikutsertakan secara maksimal. Mengatur sumber daya adalah sulit dan kompleks, karena mereka mempunyai pikiran, perasaan, status, keinginan, dan latar belakang yang heterogen yang dibawa ke dalam organisasi tersebut, sehingga sumber daya umat tidak dapat diatur dan dikuasai sepenuhnya seperti mengatur mesin, modal atau gedung.
 
Sumber daya umat artinya potensi umat yang yang dapat dikembangkan untuk proses tertentu (Kamus Besar Bahasa Indonesia , 2002 : 1102). Dalam kaitannya dengan dunia pendidikan, yang menjadi sumber daya umatnya yaitu guru, seorang guru akan memberikan kontribusi terbaiknya kepada sebuah instansi pendidikan manakala potensi bawaannya terus dipacu dan dikembangkan setelah bergabung di kancah pendidikan.

Pada awal pembahasan dikatakan sumber daya yang dimaksud adalah guru ( kata bahasa sunda digugu ditiru ). Berarti guru adalah sumber daya umat yang potensial untuk menghantarkan anak didiknya ke arah yang terbaik, karena guru mempunyai dwifungsi yaitu pengajar dan pendidik. Pengajar berarti siap mentransfer ilmu kepada anak didik  dan pendidik siap membimbing, mengarahkan sikap atau akhlak anak didik kepada akhlakul karimah atau akhlak terpuji.
Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top