Senin, 25 Mei 2015

Manfaat dan Tujuan Pendidikan Kecakapan Hidup

A. Tujuan Pendidikan Kecakapan Hidup
Secara umum pendidikan kecakapan hidup bertujuan memfungsikan pendidikan sebagai wahana pengembangan fitrah manusia, yaitu mengembangkan seluruh potensi peserta didik untuk menghadapi perannya di masa yang akan datang.
Secara khusus pendidikan kecakapan hidup sebagaimana ditulis dalam buku konsep pendidikan berorientasi pada kecakapan hidup, Depdiknas (2002) bertujuan untuk :
  1. Mengaktualisasi potensi peserta didik sehingga dapat digunakan untuk memecahkan problema yang dihadapi.
  2. Memberikan kesempatan kepada sekolah untuk mengembangkan pembelajaran yang fleksibel, sesuai dengan prinsip pendidikan yang berbasis luas (broad based education).
  3. Mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya lingkungan sekolah, dengan memberi peluang memanfaatkan sumber daya yang ada di masyarakat, sesuai dengan prinsip manajemen berbasis sekolah (MBS).
B. Manfaat Pendidikan Kecakapan Hidup
Secara umum, manfaat pendidikan yang berorientasi pada kecakapan hidup bagi peserta didik adalah sebagai bekal dalam menghadapi dan memecahkan masalah hidup dan kehidupan, baik sebagai pribadi yang tangguh dan mandiri, sebagai warga masyarakat maupun sebagai warga negara (Depag, 2005).
Jika hal itu dapat dicapai, maka faktor ketergantungan terhadap lapangan pekerjaan yang sudah ada dapat diturunkan. Dengan demikian produktivitas nasional akan meningkat secara bertahap.

Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top