Sabtu, 09 Mei 2015

Jenis-Jenis Risiko

Jenis risiko berupa ketidakpastian adanya kerugian merupakan suatu pengertian yang sangat mendasar dalam prinsip asuransi, karena asuransi itu memang dirancang secara khusus untuk selalu berhubungan dengan risiko yang dihadapi masyarakat.
Frans Wijono, berendapat dalam bukunya Ada beberapa macam risiko yang harus kita pertimbangkan. Yang pertama adalah apa yang disebut sebagai risiko murni atau pure risk. Risiko murni yang merupakan suatu konsepsi yang sangat sederhana, diartikan sebagai ketidakpastian bahwa kerugian itu akan timbul. Kalau ketidakpastian itu terjadi, maka yang ada hanya kerugian..
Dipihak lain, ada suatu risiko yang disebut sebagai risiko spekulasi ( speculative risk). Pada risiko spekulasi ini, terdapat dua kemungkinan, yaitu kemungkinan untuk memperoleh keuntungan atau kerugian. Keadaan seperti ini dapat kita lihat dalam hal seseorang itu membeli lotere (berjudi) atau membeli saham Bursa Efek. Dalam hal yang pertama, maka seseorang itu mungkin menang atau mungkin kalah. Sedang dalam hal yang kedua, seseorang mungkin menderita kerugian apabila harga saham itu turun atau akan mendapatkan keuntungan apabila harga saham itu naik. Jadi selalu ada dua kemungkinan.
Risiko yang murni, berdasarkan kepada pihak yang menghadapi kerugian, dibedakan ke dalam tiga jenis. Risiko itu adalah personal risk (risiko perorangan), property risk (risiko yang dihadapi oleh harta benda seseorang), liability risk (risiko tanggung jawab hukum).
Personal risk diartikan sebagai risko yang akan mempengaruhi kemampuan seseorang dalam memberikan pendapatan. Misalnya risiko harus dirawat di rumah sakit karena menderita sakit serius, atau risiko untuk dianggap terlalu tua untuk dapat dipekerjakan, dan sebagainya. Sedangkan property risks adalah risiko yang ada pada seseorang apabila seseorang itu memiliki sesuatu, yaitu kemungkinan bahwa apa yang dmiliki itu akan hilang, dicuri orang atau rusak. Misal seseorang memiliki sepeda, akan menghadapi kemungkinan bahwa barang itu akan hilang atau rusak. Kerugian yang timbul disini dapat dibedakan lagi kedalam kerugian yang langsung (direct loss) dan kerugian yang tidak langsung (indirect loss/consequential loss).
Kemudian, yang dimaksud dengan leability risks adalah risiko yang kemungkinan akan diderita seseorang karena harus bertanggung jawab terhadap kerugian atau luka yang dialaminya dalam mengemudi, seseorang harus membayar kerusakan mobil orang lain dan atau membayar pengobatan orang lain karena tertabrak. Agus Prawoto, Hukum Asuransi Dan Kesehatan Perusahaan Asuransi Berdasarkan Risk Base Capital, (RBC). BPFE, dalam bukunya berpendapat.
Dari sifatnya, maka risiko dapat dibedakan sebagai berikut :
  1. Particular risks (risiko khusus), Suatu risiko disebut risiko khusus apabila asalnya adalah dari individu dan impaknya kecil.
  2. Fundamental risks (risiko fundamental), Risiko jenis ini adalah risiko yang sumbernya dari masyarakat umum dan akibatnya mempengaruhi masyarakat luas. Kemudian dibedakan pula antara static risks (risiko statis) dan dinamic risks (risiko dinamis).
  3. Risiko statis adalah suatu risiko yang tidak berubah walaupun zaman telah berubah.
  4. Risiko dinamis adalah risiko yang mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan zaman.
Diantara ketidaktentuan yang bisa dipertanggungkan ialah ketidaktentuan alam, manusia. Sedangkan yang pertama tidak bisa diasuransikan karena sifat spekulatif (unsur ekonomi) dan sulit untuk diukur keparahannya (severity).
  1. Speculative risks, yaitu risiko yang bersifat spekulatif yang bisa mendatangkan rugi atau laba. Misalnya seorang pedagang bisa untung atau rugi dalam usahanya.
  2. Pure Risks, yairu risiko yang selalu menyebabkan kerugian. Perusahaan asuransi beroperasi dalam bidang pure risks (kematian, kapal tenggelam, kebakaran, dan sebagainya).
Selanjutnya dalam bukunya Emmy Pangaribuan Simajuntak dalam bukunya hukum pertanggngan dan perkembangannya berpendapat : Risiko yaitu sebagai suatu kemungkinan ( the chance of Loss)98 selanjutnya akan diuraikan perbedaan risiko sebagai berikut :
Kalau orang mendengar kat-kata risiko, tentu orang itu langsung membayangkan suatu kerugian dan lebih lanjut akan dipertimbangkan dengan keuntungannya. Pengertian ini memang erat kaitannya dengan untung ruginya, sesuatu usaha atau pekerjaan seseorang sehingga sifatnya risiko itu juga dapat dikatakan sifat ekonomis karena berhubungan dengan perkiraan atau pertimbangan keuangan dan finansial.
Tetapi tidak semua risiko harus diartikan dalam hubungannya yang bersifat ekonomis dan finansial. Hal ini dapat kita lihat dalam permainan kata-kata risiko yang dihubungkan dengan akibat-akibat psikologis, spiritual, seperti misalnya kehilangan keluarga, kehilangan teman akrap atau kehilangan keseimbangan dalam kejiwaan seseorang karena sesuai peristiwa yang belum tentu akan terjadi.
Dalam beberapa literatur penulis ada yang membedakan risiko yang bersifat ekonomis itu atas dua golongan yang menjadi dasar utama.100 Menurut Emmy Pangaribuan Simajuntak pengolongan ini diadakan berdasarkan atas sifat akibat dari risiko itu
a. Speculative Risks
b. Pure Risk
Tetapi ada juga penulis lain C.A. Kulp dan John l. Hall101, yang mengadakan penggolongan risiko dengan sebutan sebagai berikut :
a. Fundamental risks
b. Paticular risks
Masih terdapat perbedaan lain seperti :
a. Dynamic risks
b. Static risks
Speculative Risks yang bersifat spekulatif atau untung-untungan, kita melihat suatu kemungkinan timbulnya kerugian atau timbulnya keuntungan, jadi disini unsurnya ada dua yaitu :
a. kemungkinan timbul kerugian (loos)
b. kemungkinan adanya keuntungan (gain)
Pure Risks (risiko murni) pengertian pure risk sebagai golongan kedua dari risiko ekonomis ini biasanya dimaksudkan dalam pengertian : murni karena risiko itu tidak mencampurkan antara dua unsur yaitu untung dan kerugian tetapi selalu membawa akibat yang tidak memungkinkan, jadi hanya mengandung satu unsur.

Pustaka.
Lihat Robert I. Merh and Bob A Hedges, 1963, Risk Management in the Bussiness Enter prise

Agus Prawoto, 1995, Hukum Asuransi Dan Kesehatan Perusahaan Asuransi Berdasarkan Risk Base Capital, (RBC). BPFE, Yogyakarta
Facebook Twitter Google+

1 komentar:

Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
selltiket.com
Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
Bergabung segera di agne.selltiket.com

INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
No handphone : 085365566333
PIN : d2e226405

Segera Mendaftar Sebelum Terlambat. !!!

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top