Selasa, 12 Mei 2015

Definisi dan Pengertian Retribusi Parkir

Retribusi parkir masuk dalam kreteria retribusi jasa umum adalah retribusi atas jasa yang disediakan atau diberikan oleh Pemerintah Daerah untuk tujuan kepentingan dan kemanfaatan umum serta dapat dinikmati oleh orang pribadi atau badan, jadi pengertian retribusi parkir adalah pembayaran atas penggunaan jasa pelayanan tempat parkir yang ditentukan oleh Pemerintah Daerah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
 
Menurut Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 73 tahun 1999 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perparkiran Daerah yang dimaksud dengan parkir adalah keadaan tidak bergerak suatu kendaraan yang tidak bersifat sementara. Sedangkan tempat parkir adalah tempat pemberhentian kendaraan di lokasi tertentu baik di tepi jalan umum, gedung, pelataran atau bangunan umum. Sementara itu berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat No. 272/HK.105/DRJD/96 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir, yang dimaksud dengan penyelenggaraan fasilitas parkir adalah suatu metode perencanaan dalam menyelenggarakan fasilitas parkir kendaraan baik di badan jalan maupun di luar badan jalan.
Di kota Semarang retribusi parkir dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu retribusi parkir di tepi jalan umum yang berdasar Peraturan Daerah Nomor 1 tahun 2004 tentang Penyelenggaraan Dan Retribusi Parkir Di Tepi Jalan Umum dan retribusi tempat khusus parkir yang berdasarkan pada Peraturan Daerah No. 2 tahun 2004 tentang Penyelenggaraan Parkir Swasta Tempat Khusus Dan Retribusi Tempat Khusus Parkir.

Obyek Retribusi Parkir
Di dalam Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 1 tahun 2004 pasal 2 yang menjadi obyek retribusi parkir adalah pelayanan penyediaan tempat parkir umum yang disediakan oleh Pemerintah Daerah.
Sementara itu, sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 2 tahun 2004 Pasal 9 yang menjadi obyek retribusi tempat khusus parkir adalah;
  1. jasa pelayanan dan fasilitas tempat khusus parkir yang disediakan, dimiliki dan dikelola oleh Pemerintah Daerah; yang meliputi penyediaan fasilitas tempat, penempatan dan penataan, keamanan dan ketertiban tempat khusus parkir;
  2. Jasa pelayanan terhadap kegiatan pemberian ijin penyelenggaraan parkir swasta yang meliputi; biaya administrasi, biaya penelitian, biaya pengawasandan pengendalian.
Subyek Retribusi Parkir
Subyek retribusi parkir di tepi jalan umum adalah orang pribadi atau badan yang menggunakan /menikmati jasa pelayanan dan fasilitas parkir di tepi jalan umum. Sedangkan subyek retribusi tempat khusus parkir yaitu orang pribadi atau badan yang menggunakan dan atau menikmati jasa pelayanan dan fasilitas tempat khusus parkir sementara subyek retribusi perijinan penyelenggaraan parkir swasta adalah orang atau badan yang menggunakan dan atau menikmati jasa perijinan.


Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top