Kamis, 23 April 2015

Tolak Ukur Prestasi Belajar

Didalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan formal, pengukuran prestasi belajar sangatlah penting. Sebagaimana diketahui, proses pendidikan formal adalah suatu proses yang kompleks yang memerlukan waktu, dana dan usaha kerjasama berbagai pihak.
 
Bagi semua komponen, yang terlibat dalam proses pendidikan, balk guru, siswa, orang tua siswa dan orang-orang yang berkepentingan, harus mengetahui sejauhmana usaha pendidikan yang dilakukan telah mencapai hasil. Oleh karena itu mereka akan tahu program atau prose¬dur yang mana boleh dilanjutkan dan yang mana harus ditingkatkan, dan mana yang harus ditinggalkan karena tidak banyak memberi hasil seperti yang diharapkan.. Suatu kesalahan bila menganggap bahwa apa yang dapat dilakukan oleh tes prestasi semata-mata memberikan angka untuk dimasukan dalam laporan kemajuan siswa belajar atau dalam rapor. Sesungguhnya prosedur tes guna mengukur prestasi mengandung nilai-nilai pendidikan yang sangat penting.
 
Agar lebih valid dan Iebih reliable, dalam memberikan nilai seringkali para guru menggunakan tes. Walaupun nilai tes merupakan cerminan yang telah dicapai oleh siswa dalam proses belajar, akan tetapi tanggung jawab pihak pengajarlah untuk selalu menekankan agar siswa tidak belajar se¬mata-mata karena untuk mendapat nilai tinggi dalam tes. Menekan¬kan kesadaran pada diri siswa bahwa apa yang (diharapkan dari mereka adalah penguasaan pelajaran dan pemahaman yang berarti, tidaklah mudah. Terdapat persepsi yang kuat pada diri siswa umumnya bahwa 'suatu nilai tes yang rendah merupakan kegagalan sedang¬kan mendapat nilai tes yang tinggi menunjukan suatu keberhasilan.
 
Bentuk-bentuk tes yang digunakan dalam ranah kognitif diantaranya adalah tes lisan, tes tertulis, observasi dan pemberian tugas. Adapun ben¬tuk tes yang digunakan dalam ranah afektif diantaranya tes tertulis, tes Skala sikap, observasi, pemberian tugas dan pembuatan tugas ekspensifdan proyektif. Sedangkan tes yang digunakan dalam ranah prsikomotor meliputi tes lisan, tes tindakan dan observasi.

Pustaka
Slameto, Belajar dan Factor-Faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta :Rineka Cipta, 2003),
Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top