Jumat, 24 April 2015

Tingkat Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Pendidikan Anak

Ekonomi merupakan kebutuhan dasar bagi manusia, jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, maka akan berpengaruh semua faktor. Termasuk dalam dalam hal ini juga berpengaruh pada masalah pendidikan.
Dengan demikian suatu hal yanng tidak disangkal, ekonomi sebagai penentu bagi keberhasilan pendidikan. Hasan Langgulung dalam bukunya “Asas-asas Pendidikan Islam” antara lain menyatakan:
“ Ekonomi dan pendidikan selalu berkaitan atau bergandengan semenjak dari zaman dahulu kala. Ahli-ahli ekonomi semenjak zaman itu, begitu pula pencipta-pencipta sains telah mengakui pentingnya peranan yang dimainkan oleh pendidikan dalam pertumbuhan pengetahuan manusia dan selanjutnya pentingnya yang belakangan ini untuk perkembangan ekonomi.”

Dari keterangan diatas berarti faktor ekonomi sangat berpengaruh terhadap kelancaran pelaksanaan pendidikan. Begitu juga dengan tingkat ekonomi keluarga sangat berpengaruh terhadap kelancaran pelaksanaan pendidikan dan juga sangat berpengaruh terhadap pendidikan anakanaknya di sekolah., juga ditentukan oleh terpenuhinya sarana prasarana yang telah disediakan oleh orang tua. Dalam hal ini Syaifullah mengatakan: “status ekonomi sangat menentukan kemampuan dalam menyediakan fasilitas dan sarana yang disediakan dan sarana yang diperlukan oleh anak dalam sekolah, dan soal makanan dan buku-buku pelajaran.”
Hubungan tingkat ekonomi orang tua dengan pendidikan sangat dekat sekali, orang tua yang berekonomi cukup dan cenderung untuk menyekolahkan anaknya pada sekolah yang maju meskipun memerlukan biaya yang banyak. Sebaliknya orang tua yang ekonominya rendah akan  cenderung memilih sekolah yang murah walaupun itu mutunnya kurang bisa diharapkan.
Dengan demikian, keadaan ekonomi orang tua akan menjadi dasar pertimbangan bagi seseoranng untuk menentukan jenis lembaga pendidikan bagi anaknya.

Pustaka.
Hasan Langgulung, Asas-asas Pendidikan Islam (Jakarta: Pustaka Al Husna, 1992), 
Tim Dosen IKIP Malang, Pengantar Dasar-dasar Pendidikan (Surabaya: Usaha Nasional, 1987)
Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top