Sabtu, 18 April 2015

Pengaruh Positif Mutu Layanan Pendidikan, Disiplin Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Prestasi Siswa

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada pengaruh positif mutu layanan pendidikan, disiplin dan motivasi kerja guru terhadap prestasi siswa. Artinya semakin baik pengaruh positif mutu layanan pendidikan, disiplin dan motivasi kerja guru maka prestasi siswa akan meningkat. 
Sekolah sebagai suatu system pendidikan secara formal yang didalamnya terdapat sosok guru yang merupakan pemeran utama dalam berhasilnya dan tercapainya tujuan pendidikan, membentuk subyek didik yang dalam hal ini siswa untuk meningkatkan prestasi belajar melalui proses belajar mengajar. Prestasi belajar merupakan salah satu alat ukur untuk mengetahui tingkat keberhasilan seorang siswa dalam rangkaian kegiatan proses belajar mengajar yang diiikuti siswa tersebut di sekolah. Prestasi belajar juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan belajar. 

Prestasi belajar jika ditinjau dari istilah konotatif dari hasil belajar (achievement) adalah hasil yang dicapai oleh seorang individu setelah mengalami proses belajar. Prestasi belajar ini lazim juga diistilahkan dengan sebuah kecakapan actual (actual ability). 

Prestasi belajar juga merupakan gambaran dari penguasaan kemampuan sebagaimana telah ditetapkan untuk suatu pelajaran tertentu. Setiap usaha yang dilakukan dalam pembelajaran baik oleh guru sebagai pengajar, meupun siswa sebagai pelajar bertujuan untuk mencapai prestasi setinggi mungkin dan biasanya dimanifestasikan dalam bentuk nilai. Sedangkan hal-hal yang turut serta menjadi penyebab keberhasilan prestasi belajar siswa antara lain, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang terdiri dari faktor fisik dan non fisik sedangkan faktor eksternal adalah faktor social dan non social. Faktor social lebih menekankan pada adanya peranan orang ketiga dalam prestasi belajar siswa. faktor ini bisa terdiri dari dari peranan guru yang tentunya berpengaruh sangat besar dalam pengembangan siswa. 

Pembahasan di atas sejalan dengan temuan dari penelitian ini yang menunjukkan bahwa mutu layanan guru disiplin guru dan motivasi kerja guru merupakan hal penting demi terwujudnya prestasi belajar siswa yang baik. Oleh karenanya, peningkatan mutu layanan guru disiplin guru dan motivasi kerja guru mutlak untuk ditekankan dan menjadi faktor penting dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa. Mengingat proses interaksi kesinambungan antara guru dan siswa sehingga guru merupakan ujung tombak pendidikan dan merupakan penentu dalam berhasil atau tidaknya siswa. Sehingga selayaknya bagi tenaga pendidik dan perangkat-perangkat yang bertanggung jawab dan mempunyai hubungan dengan kinerja tenaga pendidik agar selalu berupaya menaikkan tingkat disiplin kerja, motivasi kerja seorang guru mengingat begitu pentingnya peran seorang guru bagi prestasi belajar siswa.

Pustaka.
-

Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top