Senin, 27 April 2015

Pembagian Minat Secara Umum

Minat secara umum menjadi tiga, yaitu : minat pribadi, minat situasi dan minat dalam ciri psikologi:
  1. Minat pribadi, diartikan sebagai karakteristik kepribadian seseorang yang relatif stabil, yang cenderung menetap pada diri seseorang. Minat pribadi biasanya dapat langsung membawa seseorang pada beberapa aktifitas atau topik yang spesifik. Minat pribadi dapat dilihat ketika seseorang menjadikan sebuah aktivitas atau topik sebagai pilihan untuk hal yang pasti, secara umum menyukai topik atau aktivitas tersebut, menimbulkan kesenangan pribadi serta topik atau aktivitas yang dijalani memiliki arti penting bagi seseorang.
  2. Minat situasi merupakan minat yang sebagian besar dibangkitkan oleh kondisi lingkungan.
  3. Minat dalam ciri psikologi merupakan interaksi dari minat pribadi seseorang dengan ciri-ciri minat lingkungan. Renninger menjelaskan bahwa minat pada definisi ini tidak hanya karena seseorang lebih menyukai sebuah aktivitas atau topik, tetapi karena aktivitas atau topic tersebut memiliki nilai yang tinggi dan mengetahui lebih banyak mengenai topik atau aktivitas tersebut.
Berdasarkan pada orangnya dan pilihan kerja mengelompokkan minat menjadi enam, yaitu :
1. Realistis
Orang realistis umumnya mapan, kasar, praktis, bersifat kuat dan sering sangat atletis, memiliki koordinasi otot yang baik dan trampil. Akan tetapi dia kurang mampu menggunakan medium komunikasi verbal dan kurang memiliki ketrampilan berkomunikasi dengan orang.

2. Investigatif
Orang investigatif termasuk orang yang berorientasi keilmuan. Mereka umumnya berorientasi pada tugas, intropektif dan asosial, lebih menyukai memikirkan sesuatu daripada melaksanakannya, memiliki dorongan kuat untuk memahami alam, menyukai tugas-tugas yang tidak pasti, suka bekerja sendiri, kurang pemahaman dalam kepemimpinan akademik dan intelektualnya.

3. Artistik
Orang artistik menyukai hal-hal tidak terstruktur, bebas, memiliki kesempatan bereaksi, sangat membutuhkan suasana yang dapat mengekspresikan sesuatu secara individual, sangat kreatif dalam bidang seni musik.

4. Sosial
Tipe ini dapat bergaul, bertanggung jawab, berkemanusiaan dan sering alim, suka bekerja dalam kelompok, senang menjadi pusat perhatian kelompok, memiliki kemampuan verbal, terampil bergaul, menghindari pemecahan masalah secara intelektual, suka memecahakan masalah yang berkaitan dengan perasaan, suka kegiatan menginformasikan, melatih dan mengajar.

5. Enterprising
Tipe ini cenderung menguasai atau memimpin orang lain, memiliki ketrampilan verbal untuk berdagang, memiliki kemampuan untuk mencapai tujuan organisasi, agresif, percaya diri dan umumnya sangat aktif.

6. Konvensional
Tipe ini menyukai lingkungan yang sangat tertib, menyenangi komunikasi verbal, senang kegiatan yang berhubungan dengan angka, sangat efektif menyelesaikan tugas yang terstruktur tetapi mengindari situasi tertentu.

Pustaka
Djaali, 2007. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara
Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top