Jumat, 24 April 2015

Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Anak

Pendidikan memang peranan penting dalam kehidupan manusia, pendidikan seseorang dapat mempengaruhi semua aktifitas dan tingkah lakunya, sehingga seseorang yang berpendidikan tinggi akan berbeda dengan orang yang berlatar belekang pendidikan rendah.
 
Hal ini sesuai dengan pendapat Gunarsa yang menyatakan bahwa : “kalau orang tua berpendidikan tinggi atau kurang tinggi, usahawan atau karyawan, semua ini pengaruh terhadap perkembangan anaknya.”
Demikian juga orang yang latar belakang pendidikannya lebih tinggi atau berbeda dengan orang yang berlatar belakang pendidikan rendah. Perbedaan ini nampak dalam cara berpikirnya maupun dalam langkahlangkah yang diambil dalam setiap tindakan sehari-sehari, ini di sebabkan karena adanya pengalaman-pengalaman yang berbeda pula, orang yang mengennyam pendidikan tinggi akan lebih tahu seluk beluk dunia pendidikan dan mereka lebih kemana anaknya harus sekolah. Untuk itu tingkat pendidikan atau latar belakang pendidikan orang tua dapat mejadikan motivasi untuk menyakolahkan anaknya pada sutu lembaga pendidikan Islam. Amir Daien Indrakusuma berpendapat: “Bagaimana juga anak dari keluarga yang berpendidikan akan mempunyai gambaran dan aspirasi-aspirasi yang berbeda dengan anak dari keluarga biasa-biasa saja. Situasi dari keluarga yang berpendidikan akan memberikan pengaruh dan dorongan yang positif.”
 
Orang tua yang berpendidikan tinggi yang mempunyai pengalaman yang cukup luas, sudah tentu ia harus mempertimbangkan kemana anaknya akan di sekolahkan, yaitu sekolah yang mampu mengembangkan bakat dan kemampuan anaknya untuk mencapai tujuan yang didambakan.
Dari penjelasan diatas dapat diambil pengertian bahwa latar belakang tingkat pendidikan orang tua dapat menyebabkan cara berfikir dan bertindak. Yang selanjutnya dapat berpengaruh dalam memilih sekolah untuk anak-anaknya.

Pustaka.
Singgih D. Gunarsa, Ny. Singgih D. Gunarsa, Psikologi Perkembangan Remaja (Jakarta: Gunung Mulia, 1986),
Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top