Jumat, 24 April 2015

Kerangka Pemikiran Kegiatan Ekstra Kurikuler

Kegiatan ekstra kurikuler adalah kegiatan pelajaran tambahan dan kegiatan murid yang dilakuakan di sekolah, tidak sebagai sekedar tambahan atau sebagai kegiatan yang berdiri sendiri. Sedangkan orientasi kegiatan ekstra kurikuler ini adalah untuk lebih memperkaya dan memperluas wawasan keilmuan dan kepribadian serta meningkatkan kemampuan tentang sesuatu yang telah dipelajari dalam satu bidang studi.
An-Nahlawi mengemukakan bahwa kegiatan ektra kurikuler merupakan kegiatan tambahan yang merupakan bagian dari pelajaran di sekolah dan kelulusan siswapun dipengaruhi oleh aktivitasnya dalam kegiatan ekstra kurikuler apabila kita menelurusuri dunia pendidikan Islam sejak terbitnya fajar Islam, niscaya kita akan menemukan bahwa rasulullah Saw senantiasa mengisi waktu senggang sahabat dengan pembinaan dan dan pendidikan tambahan.
 
Kegiatan ekstra kurikuler adalah kegiatan tambahan di luar struktur program pelajaran yang biasa agar memperkaya dan memperluas wawasan pengetahuan dan kemampuan siswa. Dari beberapa pendapat di atas, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa kegiatan ekstra kurikuler atau kegiatan pelajaran tambahan adalah kegiatan yang dilaksanakan di luar jam pelajaran terjadwal atau pelajaran yang telah ditentukan (tatap muka di dalam kelas) dan dilaksanakan di lingkungan sekolah dengan diorientasikan untuk memperluas wawasan pengetahuan dan keilmuan serta meningkatkan kemampuan tentang sesuatu yang telah dipelajari dalam bidang studi tertentu.
Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top