Selasa, 21 April 2015

Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun

Fungsi motorik dapat diartikan sebagai gerakan sejak lahir maupun gerakan yang diperoleh karena belajar dan berlatih berdasarkan berbagai petunjuk yang ada, M. Hariwijaya (2009:27). Kemampuan motorik kasar mencakup gerakan otot-otot besar seperti otot tungkai dan lengan pada bayi berupa gerakan menendang, menjejak, meraih, mengangkat leher, dan menoleh. Pertumbuhan kemampuannya harus terus di pantau dan di stimulasi agar anak dapat tumbuh dan berkembang optimal.
 
Urutan perkembangan motorik kasar pada anak.:
  1. Menggerakkan kaki tangan saaat berbaring, Sejak lahir bayi sudah memiliki reflex untuk menggerakkan kaki dan tangannya secara sederhana . menginjak usia 1 bulan dia mulai blajar menggerakkan kaki dan tangannya ke atas.
  2. Menggangkat kepala telungkup, Mengangkat kepala saat telungkup umumnya baru bis di lakukan bayi berusia 2 bulan . namun tidak menutup kemungkinan jika sebelum usia 2 bulan bahkan 1 bulan.
  3. Memiringkan badan saat telungkup, Memiringkan badan saat telungkupumumnya sudah dapat dilakukan bayi usia 3-4 bulan. Latihlah gerakan ini denagn membunyikan mainan dari arah samping / memanggil namanya.
  4. Telungkup sendiri, Bayi berusaha untuk telungkup sendiri pada umumnya dapat dilakukan di usia 4-5 bulan , dan membutuhkan bantuan orangtua . menstimulasi berulang kali sampai melakukannya sendiri.
  5. Duduk, Di usia 4-6 bulan bayi belum bias duduk sendiri , namun orangtua sudah bias memposisikannya duduk saat si kecil di gendong . usia 6-7 bulan mampu duduk sendiri meski Cuma sebentar tanpa di bantu. Usia 8 bulan sudah dapat duduk kurang lebih 10 menit dan usia 9-10 bulan duduk sendiri.
  6. Merangkak, Kemampuan merangkak bayi usia 8-10 bulan meski beberapa bayi sudah dapat merangkak pada usia 6-7 bulan , tapi tidak semua bayi dapat merangkak / melalui tahapan kemampuan ini sebelum berdiri dan berjalan
  7. Berdiri, Di usia 4-5 bulan , bayi sangat senang bial di berdirikan di atas pangkuan kita . berdiri sendiri mulai belajar dilakukannya pada usia 9 bulan lalu usia 10-12 bulan sudah berdiri sendiri tanpa bantuan.
  8. Berjalan, Umumnya anak dapat berjalan di rentang usia 13-15 bulan
Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top