Selasa, 28 April 2015

Hubungan Pengetahuan tentang Pendidikan Anak dengan Minat Menyekolahkan Anak

Setiap orang memiliki minat dalam dirinya, dan minat ini akan memacu mereka untuk melakukan kegiatan yang mereka senangi. Minat sendiri bukan merupakan bawaan dari lahir, tetapi minat muncul sebagai hasil dari pembelajaran yang selama ini mereka terima.
 
Dalam menempuh suatu pendidikan sendiri, seseorang harus memiliki minat terlebih dahulu untuk mengikuti pendidikan formal yang ada disekolah. Meskipun anak memiliki hak atas pendidikan yang sedang ditempuhnya, tetapi keputusan anak untuk melanjutkan suatu pendidikan tidak semata-mata diputuskan perdasarkan pertimbangan mereka sendiri, disini orang tua pun memiliki andil yang sangat besar dalam keputusan yang akan dipilih oleh sang anak mengenai pendidikan mereka.
 
Orang tua memiliki beberapa pertimbangan dalam menentukan pendidikan yang akan ditempuh oleh si anak. Lingkungan keluarga memiliki peranan yang sangat penting dalam keputusan ini, karena kondisi keluarga dapat mempengaruhi dalam mengambil keputusan untuk menyekolahan anaknya selain hal tersebut factor lain yang mempengaruhi minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya adalah tingkat pengetahuan orang tua dalam menyekolahkan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi. Orang tua yang memiliki tingkat pengetahuan yang tidak cukup tinggi, maka mereka akan semakin menganggap pendidikan bukan merupakan kebutuhan yang harus diutamakan.
 
Dengan demikian maka semakin baik pengetahuan orang tua tentang pendidikan anaknya maka akan semakin berminat untuk menyekolahkan anaknya setinggi-tingginya karena dengan pendidikanlah anaknya akan lebih berhasil dalam hidupnya kelak.


Pustaka

Hamalik, O. (1983). Metoda Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.
Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top