Selasa, 28 April 2015

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengetahuan

Factor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan, Knowledge (pengetahuan) dalam masyarakat dipengaruhi beberapa faktor antara lain “sosial ekonomi, kultur (budaya agama), pendidikan, dan pengetahuan”.
  1. Sosial ekonomi yaitu lingkungan social akan mendukung tingginya pengetahuan seseorang sedangkan bila ekonomi baik, tingkat pendidikan tinggi, tingkat pengetahuan akan tinggi juga.
  2. Kultur, yaitu budaya sangat berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan seseorang, karena informasi-informasi yang baru akan disaring kira-kira sesuai tidak dengan yang ada dan agama yang dianut.
  3. Pendidikan, yaitu semakin tinggi tingkat pendidikan maka ia akan mudah menerima hal-hal baru dan mudah menyesuaikan dengan hal yang baru tersebut.
  4. Pengalaman, pengalaman disini berkaitan dengan umur dan pendidikan individu, maksudnya pendidikan yang tinggi pengalaman akan lebih luas, sedangkan umur semakin tua umur seseorang maka pengalaman akan semakin banyak.
Selanjutnya pengetahuan orang tua tentang pendidikan meliputi :
(1) Pengetahuan orang tua tentang manfaat pendidikan
(2) Pengetahuan orang tua tentang konsep pendidikan
(3) Pengetahuan orang tua tentang fakta-fakta pendidikan
(4) Pengetahuan orang tua tentang fenomena-fenomena pendidikan

Pengetahuan ini berpengaruh terhadap sikap seseorang sesuai dengan pemikirannya, kalau positif akan menimbulkan sikap positif demikian juga sebaliknya”. Pada hakikatnya pengetahuan merupakan segenap apa yang diketahui manusia tentang objek tertentu, termasuk didalamnya tentang ilmu. Bila pengetahuan orang tua kurang, membuat orang tua tidak mengerti begitu pentingnya mengetahui tanda dan gejala serta perawatan penyakit malaria pada anak sehingga menyebabkan terjadinya keterlambatan dalam pengobatan hingga akhir dapat menyebabkan kematian pada anak

Pustaka.

Basyiruddin Usman. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press
Notoatmodjo, Soekidjo. (2003). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka.
Facebook Twitter Google+

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top