Rabu, 01 April 2015

Definisi Infeksi, Apa itu Pengertian Infeksi?

Pengertian Infeksi : Apa itu Pengertian Infeksi? Secara umum istilah Infeksi biasa kita definisikan sebagai suatu penyakit yang diakibatkan karena tubuh kita telah kemasukan kuman atau virus, ini benar akan tetapi pengertian infeksi yang lebih tepatnya adalah : suatu keadaan dimana adanya suatu organisme pada jaringan tubuh yang disertai dengan gejala klinis baik itu bersifat lokal maupun sistemik seperti demam atau panas sebagai suatu reaksi tubuh terhadap organisme tersebut. Jika gejala demam tersebut bersifat mendadak, maka disebabkan oleh infeksi virus. Akan tetapi jika demamnya secara bertahap atau lambat, maka biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri.
Secara Definisi, Infeksi adalah kolonalisasi yang dilakukan oleh spesies asing (luar) terhadap organisme inang (tubuh), dan bersifat pilang yaitu membahayakan inang. Organisme penginfeksi, atau patogen, menggunakan sumberdaya (sarana) yang dimiliki inang untuk dapat memperbanyak diri dan itu merugikan inang. Patogen mengganggu fungsi normal inang berakibat pada luka kronik, gangrene, kehilangan organ tubuh, bahkan kematian. Respons inang terhadap infeksi disebut peradangan. Secara umum, patogen umumnya dikategorikan sebagai organisme mikroskopik, walaupun sebenarnya definisinya lebih luas, mencakup bakteri, parasit, fungi, virus, prion, dan viroid. Simbiosis antara parasit dan inang, di mana salah satu pihak diuntungkan dan pihak lainnya dirugikan, digolongkan sebagai parasitisme. Cabang kedokteran yang menitikberatkan infeksi dan patogen adalah cabang penyakit infeksi.

Secara umum infeksi ini terbagi menjadi dua golongan besar, yaitu :
  • Infeksi yang terjadi karena terpapar oleh antigen dari luar tubuh
  • Infeksi yang terjadi karena difusi cairan tubuh atau jaringan, seperti virus HIV, karena virus tersebut tidak dapat hidup di luar tubuh.
Infeksi awal
Setelah menembus jaringan, patogen dapat berkembang pada di luar sel tubuh (ekstraselular) atau menggunakan sel tubuh sebagai inangnya (intraselular). Patogen intraselular lebih lanjut dapat diklasifikasikan lebih lanjut:
  • patogen yang berkembang biak dengan bebas di dalam sel, seperti : virus dan beberapa bakteri (Chlamydia, Rickettsia, Listeria).
  • patogen yang berkembang biak di dalam vesikel, seperti Mycobacteria.
Jaringan yang tertembus dapat mengalami kerusakan oleh karena infeksi patogen, misalnya oleh eksotoksin yang disekresi pada permukaan sel, atau sekresi endotoksin yang memicu sekresi sitokina oleh makrofaga, dan mengakibatkan gejala-gejala lokal maupun sistemik

Infeksi yang muncul selama seseorang dirawat dan mulai menunjukkan suatu gejala selama dirawat atau setelah dirawat disebut infeksi nosokomial. Secara umum, pasien yang masuk rumah sakit dan menunjukkan tanda infeksi yang kurang dari 72 jam menunjukkan bahwa masa inkubasi penyakit telah terjadi sebelum pasien masuk rumah sakit, dan infeksi yang baru menunjukkan gejala setelah 72 jam pasien berada dirumah sakit baru disebut infeksi nosokomial.




Pustaka.
Wikipedia
Sumber Online
Facebook Twitter Google+

3 komentar

Terima kasih untuk informasinya...
http://www.bukukesehatan.com

Terimah kasih telah berbagi ilmu,
Semoga manfaat.......


oia salam kenal
dari
Pedagang Al Quran Readpen PQ15

Boleh bebas asal jangan terlalu

Back To Top